Pentingnya Ilmu Jurnalistik

SOLO -Kaur Humas Perhutani se-Jateng ikuti pelatihan menulis jurnalistik. Kegiatan yang mengambil tema Pelatihan Corporate Image tersebut diadakan selama dua hari di hotel Margangsa.

Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi menulis. Pejabat Perhutani se-Jateng dilatih ber-macam-macam keahlian.

Pada hari pertama para staff humas diajari kemampuan MC yang dilatih oleh RRI selama sehari. Hari kedua Rabu (3/9) para Kaur Humas mendapatkan pelatihan protokoler dan ditutup dengan pelatihan penulisan berita sesuai ilmu jurnalistik.

Dalam pelatihan ini, Gunawan salah satu Redaktur Jawa Pos Radar Solo menjadi pemateri. Kaur Humas Perhutani diberikan materi teknik penulisan press rilis yang sesuai dengan ilmu jurnalistik.

Di sela-sela pembicaraan Gunawan memberikan ilmu kepada para kaur humas bahwa semestinya mereka dekat dengan para wartawan. Menurutnya hal ini sangat penting karena dengan menjalin kedekatan terhadap pers, maka setiap program dapat di blow up untuk kepentingan institusi dan masyarakat.

Gunawan juga memberikan ilmu yang langsung dapat diterapkan oleh peserta pelatihan. Mereka diberikan waktu untuk membuat suatu tulisan dan mendiskusikan nya dengan peserta. Hal ini bertujuan agar para peserta dapat mengerti ilmu tersebut dengan cepat. Kepala Seksi Hubungan Kelembagaan Sukoyo menjelaskan bahwa, pelatihan seperti ini sangat penting bagi para Kaur Humas Perhutani.

Karena kaur humas yang menjabat saat ini mayoritas belum paham bagaimana cara membuat press rilis yang benar dan sesuai ilmu jurnalistik. “Hal ini penting, karena kebanyakan mereka awam sekali dengan metode penulisan sesuai ilmu jurnalistik,” tutur Sukoyo.

Selain itu kegiatan ini juga bermanfaat untuk membangun citra positif dari perusahaan. Mengingat peran humas bersangkutan langsung dengan masyarakat. “Dengan pelatihan menulis ini diharapkan citra postif perusahaan dimata masyarakat akan terbentuk,” pungkas Sukoyo. (can/etl)

Sumber : Radar Solo, Hal 3
Tanggal : 4 September 201