Perhutani Blora Bangun Monumen Rimbawan Berupa Tugu Jati

Dok. Kom-PHT/Hms-Blr @2014

BLORA, PERHUTANI (7/9)| Perhutani Blora membangun monumen rimbawan berupa Tugu Jati yang dibangun atas prakarsa administratur Perhutani Blora, Joko Sunarto yang didukung oleh para managemen dan karyawan Perhutani Blora.

Spesifikasi kayu yang dibuat monument tersebut tinggi 425 cm, keliling 272 cm , tanaman Tahun 1933, umur 81 tahun. Kayu berasal dari Perhutani Blora Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Nglawungan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sumberejo Petak 103, Kayu tersebut mempunyai status Kayu Tolak Uji maka dipakai yang lebih bermanfaat dan berguna.

Administratur Perhutani Blora, Joko Sunarto menyampaikan bahwa pendirian monumen ini untuk meningatkan bahwa 10 – 20 tahun mendatang akan sulit mencari kayu sebesar tugu ini.

“Dibuatnya monumen ini memberikan bukti bahwa kita dulunya pernah mempunyai jati yang sebesar ini dan untuk memberikan rasa empati dan simpati pentingnya melestarikan hutan agar supaya dapat mempunyai pohon jati sebesar ini. Seorang rimbawan haruslah menjadi pemrakarsa cinta hutan dan peduli terhadap pelestarian hutan maupun pembangunan hutan”, tambahnya. (Hms-Blr/Kis).

Editor : Dadang K. Rizal
@copyright 2014