Perhutani Bojonegoro Simulasikan Penanggulangan Kebakaran Hutan

2014-9-2-Bjn-simulasi-kebakaran-hutan-300x199

Dok. Kom. PHT/Hms-Bjn @2014

BOJONEGORO PERHUTANI (29/08) – Administratur Perhutani  Bojonegoro Divisi Regional Jawa Timur, Erwin persiapkan satuan petugas pemadam kebakaran untuk tanggulangi kebakaran hutan pada acara apel siaga yang dilaksanakan di lapangan Wana Tirta Dander  petak 8 Resort Pemangkuan Hutan (RPH)  Dander Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Dander. Jum’at.

Perhutani Bojonegoro  membentuk posko pengendalian kebakaran di 13 wilayah BKPH dan satu posko yang berada di ruang Polhutmob KPH Bojonegoro menerima laporan kejadian kebakaran dari posko 13 BKPH melalui pesawat HT maupun HP.

Administratur Perhutani  Bojonegoro, Erwin  dalam sambutannya berharap petugas lapangan untuk lebih intensif patroli agar saat terjadi kebakaran hutan segera dapat diketahui dan memadamkan titik api dengan cara manual dan menghimbau semua jajaran Perhutani Bojonegoro ada kerjasama yang baik antara masyarakat, LMDH dan pihak terkait dalam penanganan kebakaran.

“Petugas lapangan harus proaktif mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan serta melakukan penindakan terhadap para pelaku pembakar hutan dan lahan Perhutani “, tambahnya

Apel siaga & Simulasi Kebakaran hutan diikuti oleh segenap Polhutmob, mandor polhutter, KRPH, KBKPH dipimpin langsung oleh Administratur/KKPH Bojonegoro, Ir. Erwin, MM didampingi Waka Adm KSKPH Bjn Tengah Mulyana. Shut. selaku korkam dan Waka Adm Bjn Timur Sofiudin, Shut. lebih kurang 120 personil.

Alat pemadam yang dipergunakan untuk simulasi diantaranya modif alat semprotan air yang di angkut mobil patroli Polhutmob, bambu, serta ranting basah untuk pemadaman serasah yang terbakar. Selain menggunakan alat seadanya juga dengan teknik membuat ilaran untuk memutus penyebaran api.

Perhutani Bojonegoro juga menjalin kerjasama dalam penanganan kebakaran dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pemadam Kebakaran) untuk membantu pemadaman kebakaran hutan di Wilayah Perhutani  Bojonegoro.  (PR Bng/Mkm)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014