Perhutani Kedu Selatan Bagikan Sharing 1 Milyar

DSCN5372

Dok. Kom. PHT/Hms-kds @2013

Purworejo, Perhutani (7/9) – Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan menyerahkan dana  sharing atau bagi hasil pengelolaan hutan kepada mitranya. Tahun ini dana yang diserahkan Rp 1 milyar lebih diserahkan oleh Administratur Perhutani Kedu Selatan Toni Suratno  di desa Wonosido, Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo.

Dalam acara tersebut diadakan pengobatan gratis yang kerja sama antara Perum Perhutani dan Apotek Daerah  bagi para penyadap  dan warga sekitarnya

Administratur Perhutani Kedu Selatan Toni Suratno menyatakan bahwa tahun ini dana sharing atau bagi hasil  diserahkan untuk lima Kabupaten, meliputi Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, Wonosobo, dan Banyumas. Untuk Purworejo Rp 178 juta.

Kabupaten Purworejo rata-rata setiap tahun menerima Rp 200 juta. Dana bagi hasil diperoleh dari hasil penyadapan getah pinus maupun tebangan pinus dan sengon” tambahnya.

Kegiatan tersebut dikerjasamakan Perum Perhutani Kedu Selatan dengan masyarakat hutan yang merupakan bagian dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Selain itu  Perhutani  Kedu Selatan  tiap tahun juga menyetor tidak kurang dari Rp 800 juta sebagai Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH) atau pajak kepada Pemerintah.

“Kami juga bekerja sama dengan para petani dalam pemanfaatan lahan di bawah tegakan untuk budidaya palawija maupun tanaman perkebunan yang diperkenankan oleh Perhutani. Tidak kurang dari Rp 900 juta dihasilkan dalam setahun dan di Kabupaten Purworejo sendiri Rp 150 juta,” katanya. Toni mengucapkan terima kasih kepada LMDH atas kerja sama selama ini, sehingga bisa menghasilkan  sesuatu yang diharapkan.

“Kami berharap ke depan kepada para penyadap atau Kelompok Tani sadap yang dinaungi oleh Forum LMDH bisa meningkatkan produktifitas sadapan maupun tebangan sehingga nantinya sharing atau bagi hasil yang diperoleh akan lebih besar,” ungkapnya.

Penyerahan dana sharing diserahkan bersamaan dengan kegiatan teritorial Forum Komunikasi Daerah yang dihadiri Kabag Pemerintahan Kabupaten Purworejo, Camat Pituruh, perwakilan Dishutbun, perwakilan Kodim 0708, perwakilan Polres, Kapolsek Pituruh, Danramil Pituruh. (hms-Kds)

Edotor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014

Artikel Terkait:

Tags: ,