Perhutani Banten Serahkan 659 Juta Sharing Kayu

2014-10-30-btn-sharing

Dok. Kom-PHT/Btn @2014

SERANG,  PERHUTANI (30/10) – Perhutani Banten Serahkan Sharing Kayu Tahun 2013 sebesar Rp. 659 Juta kepada 38 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Sharing diserahkan oleh Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten, Ellan Barlian kepada Ketua Paguyuban LMDH tingkat Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak  di Pendopo Provinsi Banten. Senin (27/10).

LMDH yang berada di Kabupaten Lebak mendapatkan sharing sebesar Rp 121 juta, sedangkan LMDH Kabupaten Pandeglang sebesar Rp 537 juta.

Penyerahan Sharing  ini dihadiri langsung oleh Plt Gubernur Banten, Rano Karno, Administratur  Perhutani Banten, Cucu Suparman, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Banten, Bupati Pandeglang, Wakil Bupati Lebak .

Kepala Divisi Regional Jawa Barat & Banten,  Ellan Barlian menyampaikan bahwa nilai bagi hasil produksi kayu sebesar ini merupakan hasil jangka panjang. Hal ini karena diserahkan setiap selesai tebang habis (akhir daur). Sebenarnya hasil jangka pendek dan menengahnya bisa didapat oleh LMDH dari pemanfaatan lahan pada lokasi yang dikerjasamakan.

“Dalam Jangka pendek masyarakat desa hutan (MDH)  dapat memanfaatkan tanaman palawija pada lokasi tumpangsari (3 tahun berjalan), untuk  jangka menengah Masyarakat Desa Hutan  memanfaatkan lahan di bawah tegakan yang sudah berumur 3 tahun lebih.

“Sharing produksi kayu ini sebenarnya hasil yang tidak begitu besar apabila pemanfaatan jangka pendek dan jangka menengahnya bisa dioptimalkan,” kata Ellan

Plt Gubernur Banten,  Rano Karno dalam sambutannya menantang masyarakat desa hutan agar lebih bisa mengoptimalkan kawasan hutan untuk kesejahteraan. Kepada Perhutani, Rano Karno berpesan agar terus bermitra dengan MDH, dan kepada masyarakat Banten pada umumnya beliau menghimbau agar mendukung pembangunan kehutanan yang bermanfaat bagi masyarakat.  (Kom-PHT/Btn)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014