Gembleng Kesiapan Kontingen Tangguh

one scout one tree copyMOJOKERTO, PERHUTANI (30/10) – Setidaknya 4 (empat) anggota terbaik Saka Wanabakti Cabang Mojokerto bergabung bersama utusan terbaik masing-masing cabang Saka Wanabakti seluruh Jawa Timur, Kamis.

Agenda tersebut untuk seleksi dan penggemblengan menjadi kontingen yang tangguh, tanggap, trengginas dan handal menjelang Perkemahan Bakti Saka Wanabakti Nasional 2014, Desember mendatang.

Penggemblengan menjadi kontingen yang mantap dilaksanakan di Wana Wisata Air Panas Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto, Kamis – Minggu, 30 Oktober – 2 Nopember 2014.

Tak kurang 150 peserta utusan Saka Wanabakti Perhutani cabang seluruh Jawa Timur, Balai Besar KSDA Jatim, Biro Perencanaan SDH Divre Jatim, UPT Peredaran Hasil Hutan, Balai Taman Nasional Baluran, Balai Taman Nasional Alas Purwo, Dinas Kehutanan se-Jawa Timur berkumpul bersama untuk seleksi dan persiapan pemantapan kontingen Saka Wanabakti Daerah Jawa Timur.

Diketahui, Perkemahan Bakti Saka Wanabakti Nasional 2014 akan diselenggarakan pada tanggal 15 – 20 Desember 2014 bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Jawa Timur menyatakan kesiapannya untuk mengikuti Perkemahan yang dilaksanakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dan Pimpinan Satuan Karya Wanabakti Tingkat Nasional.
Sekretaris Pimpinan Saka Wanabakti Daerah Jawa Timur, Luluk Suharjanto mengatakan pihaknya saat ini intens mematangkan koordinasi dengan calon kontingen cabang yang ada di seluruh Jawa Timur. “Pada hari ini, di tempat ini mudah-mudahan kita matangkan, kita gembleng untuk menjadi kontingen Saka Wanabakti Jawa Timur yang solid”, tegasnya.

Sedangkan Tatun Swarnavana Wiyanto, Humas Saka Wanabakti Jawa Timur mengatakan bahwa peserta Pertiwana mencakup enam ketentuan. Yakni, Anggota Saka Wanabakti dari setiap Kwarcab Gerakan Pramuka, Pimpinan kontingen daerah dari unsur Dewan Kerja Daerah (DKD).

Selanjutnya, Pembina pendamping dari Kwarda gerakan pramuka, Instruktur Saka Wanabakti Tingkat daerah, Pamong saka Wanabakti dari tiap Kwarcab dan Petugas Pameran dari Kwarda Gerakan Pramuka.
“Keenam ketentuan tersebut berdasarkan lampiran surat dari pimpinan Saka Wanabakti Tingkat Nasional perihal Pertiwana Nasional IV 2014,” papar Tatun.

Tatun juga menjelaskan dalam kegiatan tersebut, akan dipertandingkan tujuh jenis cabang lomba, yakni, Karya Ilmiah, Giri Wana Rally, Penyuluhan Kehutanan Berbasis Seni Tradisional, Duta Rimbawan, Kuliner Tradisional Nusantara dan Pembuatan Poster.

Saka Wanabakti Jatim sudah memiliki pengalaman dalam kegiatan sebelumnya, kami akan memperbaiki segala kekurangan dan terus mengupayakan prestasi yang baik ditingkat nasional nanti dalam rangka mengangkat nama besar Jawa Timur.
“Untuk itu kita gembleng dan matangkan saat ini demi tercapainya kemenangan,” tegas Tatun.

Dalam Pertiwana Nasional juga akan dilaksanakan pemecahan rekor MURI. One Day No Rice, Kuliner berbasis Produk Kehutanan, donor darah massal dan penanaman serentak oleh Pramuka se-Indonesia.

Digelar juga Kegiatan Wisata, Kegiatan Wawasan Nusantara, Kegiatan Kebijakan Kehutanan Nasional, Kegiatan Go Green Life Style, Kegiatan Global Development Village, Kegiatan Job Creation, Kegiatan Industri Kreatif Berbasis Kehutanan, Kegiatan Penanggulangan Bencana Kehutanan, Kegiatan Bakti Masyarakat dan Bakti Lingkungan, Kegiatan Bakti Lingkungan Wana Wisata Arboretum Cibubur dan Kegiatan Festival serta Exhibition Wanabakti.

“Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”. (Kom PHT Mojokerto / Eko Eswe)

Editor   :  Dadang K Rizal

@copyright 2014