Banyumas Timur Tanam Pohon Langka di Sekitar Curug Gomblang

Foto Pelestarian Pohon Langka

Dok.Kom/Pht/Byt/@2015

BANYUMAS TIMUR – PERHUTANI (25/1) Perum Perhutani Banyumas Timur bekerja sama dengan Kader Konservasi Alam (KKA) di sekitar Curug Gomblang, yang merupakan hutan pangkuan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Lestari desa Baseh Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Karanggandul, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gunung Slamet Barat Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur menyelenggarakan Pelestarian Pohon Langka. Minggu.

Kegiatan ini melibatkan Perhutani KPH Banyumas Timur, LMDH Wana Lestari, Komunitas WONG APA Banyumas, Komunitas Durga Wana, Repital Satria Banyumas, Banyumas Komoenitas, OI Purwokerto, Manunggaling Warga Koenang-koenang, Pramuka Ambalan Dewakarti dan Saka Wanabakti, serta Remaja Putra Karang desa Baseh.

Kegiatan Pelestarian Pohon Langka ini bertujuan memberikan kontribusi nyata pada pelestarian lingkungan dan kelestarian alam, karena hutan sebagai ekosistem punya banyak manfaat antara lain; konsentrasi biodiversity, bentang lahan alami yang luas, kawasan dengan ekosistem langka atau hampir punah, Penyedia jasa lingkungan, Kebutuhan dasar bagi masyarakat lokal, dan Identitas budaya masyarakat lokal.

Jenis tanaman yang ditanam sebanyak 250 plances dengan jenis: Aren, Nagasari, Pucung, Damar, Alpukat, Salam, Jambu Biji, Manggis, Cempedak, Jinetri dan Kemiri. Kegiatan penanaman tanaman langka disekitar Curug Gomblang secara tidak langsung membantu Perhutani dalam penghijauan hutan, dan diharapkan menjadi monumen dalam pelestarian lingkungan dan alam. (Kom.Pht/Byt/Lita)

Editor : Ruddy Purnama
@copyriht 2015