Kembangkan Kopi Melalui Kerjasama Kemitraan

2015-1-21-tsk-kopi

Dok.Kom-PHT/Tsk @2014

TASIKMALAYA. PERHUTANI (20/01) – Perum Perhutani Tasikmalaya kembangkan Kopi hutan bersama LMDH Waras Jati  melalui  gerakan penanamankopi sebanyak 16 ribu pohon di petak 18 b luas 25 ha RPH Cibalong BKPH Karangnunggal (19/1).

Gerakan penanaman ini guna menjalin kebersamanan antara petugas perhutani dengan muspika kecamatan Cibalong dan LMDH dalam melestarian sumber daya hutan.

Administratur Perhutani Tasikmalaya, Henry Gunawan menyatakan bahwa kerjasama penanaman kopi ini dapat memberikan penghasilan terhadap masyarakat sekitar hutan dalam pemanfaatan lahan dibawah tegakan sehingga masyarakat sekitar hutan bisa lebih tenang, nyaman dalam menjaga dan melestarikan hutan.

Hal ini merupakan bentuk kepedulian perhutani kepada muspika kecamatan dan masyarakat sekitar hutan dengan tujuan membangun hutan untuk keseimbangan ekosistem yang ada.

“Dalam pengelolaan hutan Perhutani tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan, sehingga fungsi hutan bisa tetap bermanfaat bagi masyarakat secara umum, Sistem Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) Perhutani mengajak masyarakat sekitar hutan untuk ikut bersama sama mengelola dan mengamankan hutan, sehingga masyarakat yang tergabung dalam LMDH nantinya diberi kesempatan untuk ikut mengelola hutan dengan pola tumpangsari” jelas Henry .

Sementara itu  Kepala Desa Setiawaras, Dadih Iskandar menyatakan bahwa kegiatan penanaman kopi ini disambut sangat positif, kami dan masyarakat berusaha terlibat untuk menjaga alam dan bahu membahu untuk melestarikan hutan serta kami berterimakasih kepada perum perhutani yang telah memberikan bantuan bibit kopi kepada masyarakat yang ada di desa setiawaras, dan kami berharap tanaman kehutanan (kayu) yang di tanam ini jenisnya dicampur dengan tanaman buah buahan pala dan durian. (Kom-PHT/tsk/Asep JB)

Editor  :  Dadang K Rizal

@copyright 2014