Kementerian LHK Siapkan Lahan Sejuta Hektare

KEMENTERIAN LHK SIAPKAN LAHAN SEJUTA HEKTARE

JAKARTA– Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyiapkan lahan 1 juta hektare (ha) untuk keperluan tanaman pangan tahunan atau annual crops padi dan palawija seluas 500.000 ha. “Kita juga akan menyiapkan 500 hektare lahan untuk tanaman tebu,” kata Menteri LHK Siti Nurbaya dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, kemarin.

Siti mengatakan hal itu untuk menjelaskan soal pertemuannya dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada Kamis (8/1) lalu. “Yang dilakukan oleh Kemen LHK ialah menyiapkan lahan tersebut dengan cara melihat potensi lahan yang masih ada dan bisa dipakai untuk keperluan tanaman pangan dengan syarat tanaman padi, palawija, dan tanaman tebu. Bahkan bila Kementan sudah ada referensi lokasi,” ujarnya.

Menurut dia, lahan yang disiapkan itu antara lain di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) seluas 119.000 ha dan Kalimantan Barat (Kalbar) seluas 178.000 ha. Ada juga areal yang dimiliki PT Inhutani (Persero) seluas 100.000 ha dan areal Perum Perhutani seluas 100.000 ha untuk tanaman pangan.

Sementara tanaman tebu, yang bisa digambarkan pada lokasi di Provinsi Sulawesi Tenggara sekitar 300 sampai 400.000 ha dan 100 sampai dengan 200.000 ha di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Tengah. Secara lebih rinci, tambah Siti, akan didalami kembali bersama antar dirjen dua kementerian ini. Karena, nanti akan termasuk bagaimana pola-pola manajemen yang akan dipakai, seperti di antaranya menggunakan tenaga kerja setempat.

Sumber  : Koran Sindo
Tanggal  : 14 Januari 2015