Wanawisata Penggaron Jateng Dibangun 2016

FGD

Dok-Kom/Pht/Divrejateng@2015

SEMARANG – PERHUTANI (22/1) Direktur Komersial Non Kayu Perhutani Mohamad Soebagja bersama-sama Pemprov Jateng dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan acara Forum Group Discussion (FGD) Rencana Pengembangan Wanawisata Penggaron  di Gedung Rimba Graha Semarang. Rabu.

Acara yang dihadiri 100 peserta tersebut  dimoderatori oleh Joko Sutrisno dari Pemprov Jateng. Bertindak sebagai narasumber adalah Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung Direktorat PHKA Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bambang Supriyanto, dan Budi Faisal dari Departemen Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan ITB,  Para pihak lainnya yang hadir adalah Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jendral PHKA, Dirjen Planologi, dan Dirjen BUK, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ketua Komisi B DPRD Prov Jateng, Bupati Semarang, serta  Perum Perhutani.

Diskusi menghasilkan beberapa rumusan diantaranya Eksekutif, legislatif, dan stakeholder terkait memiliki satu visi dan komitmen terhadap rencana pengembangan Wanawista Penggaron. Komitmen dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  merevisi Permenhut P.31 tahun 2012 tentang Lembaga konservasi agar pembangunan lembaga konservasi dapat dilakukan dalam kawasan hutan paling lambat pertengahan Maret 2015. Perhutani bersama pihak-pihak terkait sesuai dengan kesepakatan bersama akan memasukkan Wanawisata Penggaron sebagai prioritas setelah tersusun Master Plan dan Feasibility Study (FS). Kesepakatan bersama akan  segera ditindaklanjuti dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) agar  hak dan kewajiban dari masing-masing pihak lebih jelas.

Keputusan Sekretaris Jendral Kehutanan tentang Pembentukan Tim Terpadu pengembangan dan pemanfaatan Wanawisata Penggaron menyatakan untuk segera diperbaharui dan disesuaikan dengan kesepakatan bersama. Selain itu jadwal pengembangan Wanawisata Penggaron akan  ditarget pembangunan fisiknya setelah kajian Amdal selesai dan pembangunan dimulai bertahap tahun 2016. (Kom-Pht/Divrejateng/Siwi)

Editor : Ruddy Purnama

@copyright2015