Rencanakan Jalur Evakuasi di Hutan Antisipasi Letusan G.Slamet

2015-1-14-Pkb-Evakuasi

Dok.Kom-PHT/Pkb @2014

PEKALONGAN BARAT – PERHUTANI (14/1)| Perhutani Pekalongan Barat, Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Tanbunhut), dan Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal melakukan pengecekan lapangan ke petak 58H, 58K, 58B, RPH Guci, BKPH Bumijawa, KPH Pekalongan Barat yang rencananya diusulkan menjadi jalur evakuasi yang dibangun di Dukuh Sawangan Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa apabila terjadi letusan Gunung Slamet, pada Selasa (13/1)

Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Hutan, Bagas Avianto mengatakan pertimbangan teknis dari tim kerja lapangan (pertek) akan diserahkan kepada Kepala Divisi Regional Jawa Tengah untuk selanjutnya disampaikan ke Direktur Utama Perhutani – Jakarta guna proses lebih lanjut.

Jalur evakuasi G. Slamet merupakan usulan pemkab Tegal melalui BPBD kepada Perhutani. Tinjauan lapangan ini untuk memastikan titik lokasi. Selain itu dukungan pemkab untuk menjaga kelestarian hutan sangat diharapkan. “Konkretnya, jangan sampai ada alih fungsi lahan hutan menjadi area pertanian sayur-sayuran. Ini yang barangkali perlu mendapat perhatian agar hutan kita tetap lestari. Prinsipnya Perhutani mendukung adanya jalur evakuasi sepanjang 4,1 km dengan lebar 6 meter itu” demikian Bagas menyampaikan. (G12- )  Editor: Soe/ Copyright: 2015