Komitmen Bersama Lestarikan Hutan Tasikmalaya

Dok.Kom-PHT/Tsk @2015

Dok.Kom-PHT/Tsk @2015

TASIKMALAYA, PERHUTANI. (5/6) | Pemerintah Kab. Tasikmalaya, Perhutani, Dinas Kehutann dan Perkebunan dan seluruh paguyuban LMDH Tasikmalaya berkomitmen untuk melestarikan dan menjaga hutan Perhutani Tasikmalaya. Komitmen bersama ini disampaikan pada acara kunjungan kerja Bupati Tasikmalaya ke Perhutani Kamis

Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ullum mengatakan bahwa komitmen bersama ini tujuannya agar sumber daya hutan yang ada di wilayah Perhutani Tasikmalaya kelestarian dan keamananya dapat terjaga dengan baik secara bersama sama.

Kelestarian dan keamanan hutan, kata UU harus berkaitan dengan peningkatan ekonomi masyarakat desa hutan yang ditopang dengan program perhutani dan Pemerintah Kab Tasikmalaya yaitu PHBM dan Gerbang Desa dengan melakukan tumpangsari, sehingga muncul komoditas komoditas unggulan seperti budi daya tanaman kopi, kapol dan coklat. Hal ini untuk mendorong pendapatan masyarakat sekitar hutan. tuturnya

Administrtur Perhutani Tasikmalaya, Henry Gunawan mengatakan bahwa komitmen bersama ini untuk menciptakan harmonisasi pengelolaan hutan di wilayah Tasikmalaya. Diharapkan dapat menjadi jurus ampuh untuk melestarikan, menjaga sumber daya hutan dan memuluskan implementasi PHBM.

“Contohnya pengelolaan hutan dengan penanaman kopi di Desa Wandasari Kec Bojonggambir, Pemanpaatan Air di Desa Karangjaya Kec. Karangjaya dan Desa Cidugaleun Kec Cigalontang”5, tambahnya.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Hery Nugroho menyampaikan pihaknya  sangat mendukung program Perhutani tentang Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) yang nantinya dapat mensejahterakan masyarakat sekitar hutan. Dengan PHBM tersebut keberlangsungan hutan akan terjaga kelestariannya.

Ketua Paguyuban LMDH, Dedi Sadiman menyampaikan bahwa melalui komitmen bersama ini, seluruh LMDH Tasikmalaya sepakat untuk menjaga dan melesatarikan kawasan hutan negara yang dikelola oleh Perhutani sesuai dengan fungsi dan manfaat hutan yaitu ekologi, ekonomi dan sosial, hal tersebut berkaitan dengan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) yang sedang di galakan oleh pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. (Kom-PHT/Tsk/Asep JB).

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©201