Kopi Desa Giri Mekar Bandung Utara Jajaki Pasar Eropa

Dok.Kom-PHT/Bdu   @2015

Dok.Kom-PHT/Bdu @2015

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (15/6) | Ratusan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani “Giri Senang” panen raya kopi di lahan Perhutani petak 44 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Arcamanik, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Manglayang Barat, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara., Kabupaten Bandung.

Adminsitratur KPH Bandung Utara, Wismo Tri Kancono mengatakan bahwa saat ini kopi dari Desa Giri Mekar sedang ditawarkan oleh salah satu mitra Perhutani ke Prancis.

Kopi yang dikembangkan merupakan kopi arabika dengan kualitas unggulan. Selain masuk dalam bursa pasar dalam negeri. Kopi yang dibudidayakan KTH “Giri Senang” mulai menjajaki pasar Eropa.

Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Bandung, Tisna Umaran mengatakan bahwa untuk meningkatkan nilai ekonomi kopi perlu ada perbaikan pemasaran. “ Harus di buat sistem pemasaran yang baik. Karena kopi itu komoditi ekspor,” tungkasnya.

Tahun ini total panen diperkirakan mencapai 150 ton. Itu sebagian besar dari lahan Perhutani dan sisanya dari lahan masyarakat. Pada Tahun 2014 hasil panen kopi KTH Giri Senang sebanyak 140 ton. (Kom-PHT/Bdu/Reni)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015