LMDH Tasikmalaya Dukung Kedaulatan Pangan

2015-6-4-tsk-POTO PARA PEJABAT PEMDA, PERHUTANI DAN ANGGOTA LMDH TASIKPERHUTANI, TASIKMALAYA (5/6) | “Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mitra Perhutani Tasikmalaya yang berada di 35 Desa, 14 Kecamatan dengan jumlah penggarap 1.622 orang siap mendukung kedaulatan pangan”.  Hal  Ini disampaikan oleh Ketua Paguyuban LMDH Kabupaten Tasikmalaya,  Dedi Sadiman pada acara pertemuan LMDH, Perhutani dan Pemda di Aula Kantor Perhutani. Jumat.

Ketua paguyuban LMDH Tasikmalaya,  Dedi Sadiman menyampaikan bahwa untuk mendukung kedaulatan pangan masyarakat desa hutan yang tergabung dalam LMDH, telah melakukan penanaman padi dengan sistem tumpangsari melaluiPengelolaan Hutan Bersama Masyaraakat (PHBM) dan dibuatkan Perjanjian Kerjasama (PKS) yang berisi tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak.

Administratur KKPH Tasikmalaya,  Henry Gunawan mengatakan bahwa Perhutani sangat mendukung program kedaulatan pangan yang dicanangkan pemerintah khususnya di wilayah Tasikmalaya yang bertujuan untuk memberikan kesejahteraan pada masyarakat sekitar hutan. Perhutani menyediakan lahan untuk kedaulatan pangan tahun 2015 seluas 207,35 hektar jenis tanaman Padi Gogo, Ciherang dan IR 64. lokasi tersebut berada 91 petak dan di 6 RP. Ini merupakan bagian dari kegiatan kedaulatan pangan.

Bupati Tasikmalaya, UU Ruzhalu Ulum menyampaikan terimakasih kepada LMDH mitra Perhutani yang selama ini mendukung kedaulatan pangan dengan melakukan tumpangsari tanaman padi di lahan perhutani melaui PHBM.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya bersama Perhutani dan Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan jelas UU memiliki komitmen yang kuat untuk mempertahankan lahan pertanian yang produktif untuk mendorong peningkatan produksi pangan dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan masyarakat sekitar hutan yang diwadahi oleh LMDH. Selain itu kata UU mampu menghasilkan produk pertanian lokal secara regional dan nasional sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap program kedaulatan pangan di Kabupaten Tasikmalaya (Kom-PHT/Tsk/Asep JB)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015