LMDH Pangandaran Terima Hasil Sharing Kayu Perhutani Ciamis

Penyerahan Sharing Kab PangandaranCIAMIS, PERHUTANI (9/6) | Sepuluh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dari 10 desa dari 5 kecamatan di Kabupaten Pangandaran mendapat dana sharing dari kayu tebangan Perhutani Ciamis tahun 2013, senilai Rp 304 Juta yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Pangandaran, Daud Ahmad kepada ketua LMDH di Kantor Balai Desa Sukaresik, Kecamatan, Parigi Kabupaten Pangandaran, Selasa.

Administratur Perhutani Ciamis,  Bambang Jurianto mengatakan bahwa dana sharing yang dibagikan merupakan hasil dari kegiatan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan berasal dari hasil produksi kayu sebanyak 14 ribu kubik kayu.

Saat ini Perhutani Ciamis bermitra dengan 109 desa di Wilayah Pangandaran membentuk wadah LMDH dengan jumlah anggota  1.991 orang.

Bupati Pangandaran, H Daud Ahmad mengapresiasi program PHBM yang digagas Perhutani ini. “Program ini dilakukan untuk kebersamaan, ada unsur kerjasama yang baik, tentu kita sangat mendukung,” ungkap Daud Ahmad.

Daud berharap dana sharing tersebut bisa dimanfaatkan untuk memberdayakan masyarakat, bisa dijadikan modal misalnya mendirikan koperasi dan usaha bersama sehingga uang dapat berputar.

Sementara itu, Ketua Forum LMDH Ade Mulyadi  mengatakan dana sharing yang diterima kali ini naik dari tahun sebelumnya. “Tahun lalu 32 LMDH menerima sharing sebesar Rp 721 juta, sementara saat ini  21 LMDH menerima Rp 765 juta. Totalnya lebih dari 1 Miliar, ini rejeki besar bagi LMDH,” ujarnya.

Ade mengajak seluruh anggota LMDH untuk meningkatkan kewajibannya menjaga hutan.  Dana hasil PHBM ini akan dialokasikan untuk pemerintah desa sebesar 10 %, usaha produktif  40 %, kas LMDH  5 %, sisanya untuk kegiatan sosial. (Kom-PHT/Cms/Bubun)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015