Perhutani Banyuwangi Selatan Dukung Ketahanan Pangan

Dok.Kom-PHT/Jbr  @2015

Dok.Kom-PHT/Jbr @2015

BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (19/6) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan mendukung kedaulatan pangan pada kawasan hutan seluas 1.430,2 ha.  Saat ini telah melakukan kegiatan panen kedelai. Kegitan panen kedelai langsung dilakukan oleh Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Petani Hutan Lestari, Veri Askandar  di petak 61 BKPH Karetan KPH Banyuwangi Selatan (18/6).

Lokasi tersebut memasuki masa penen mulai bulan maret hingga sekarang tersebar di wilayah KPH Banyuwangi Selatan yang terbagi di 7 wilayah BKPH dengan rincian untuk jenis komoditi padi seluas 601,7ha, kedelai seluas 308,3 ha dan komoditi jagung seluas 520,2 ha dengan jumlah petani hutan sebanyak 5.611 orang yang terwadahi dalam LMDH. Untuk jenis komoditi padi dan jagung sudah melakukan panen pada bulan maret hingga mei kemarin.

Administratur KPH Banyuwangi Selatan Ir. Agus Santoso, MP mengatakan bahwa dalam mengelola hutan tidak bisa sendirian butuh stake holder atau pihak terkait lainnya dalam pelaksanaannya, dan pengelolaan hutan harus meliputi 3 aspek yang harus berjalan seimbang antara lain aspek ekologi, ekonomi dan aspek sosial, sistem PHBM adalah wujud nyata atau implementasi dari aspek sosial.

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015