Perhutani Probolinggo Kontibusi 90 Juta per hari Untuk Masyarakat Desa Tukul

PROBOLINGGO, PERHUTANI (29/6) | Kontribusi atau sumbangsih pangan yang diberikan oleh Perhutani Probolinggo kepada masyarakat desa Tukul berupa Pemanfaatan Lahan Dibawah Tegakan (PLDT) yaitu Hijau Makanan Ternak (HMT), jika dinilai dengan uang senilai Rp.30.000/hari/per KK. Masyarakat desa Tukul berjumlah ± 3000 KK. Sehingga kontibusi Perhutani yang telah diberikan ke masyarakat desa Tukul Kec.Sumber sebesar Rp.90.000.000 per hari dari PLDT.

Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tukul Jaya desa Tukul Kec.Sumber Kabupaten Probolinggo telah menjadi mitra binaan KPH Probolinggo sejak tahun 2005.

Ketua LMDH Tukul Jaya, Sidik mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang telah diperoleh dan dirasakan oleh segenap anggotanya yang telah ikut berperan aktif di dalam program pengelolaan hutan ini. “Luas pangkuan hutan yang dikelola yaitu 644,5 ha, kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut adalah dibidang usaha produktif yaitu produksi Kopi” tambahnya.

Untuk pemanfaatan kopi LMDH Tukul Jaya yang sudah siap panen seluas 3 Ha, sedangkan sebagai tindak lanjut dari study banding yang telah dilaksanakan pada bulan Pebruari 2015 LMDH Tukul Jaya menanam lagi dengan keluasan 39 Ha. (Kom-PHT/Pbo/Mamang)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015