Perhutani Sumedang Kembangkan Kayu Putih

Perhutani Mulai Buka Lahan Kayu PutihSUMEDANG, PERHUTANI (9/6) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Sumedang mulai membuka pembuatan tanaman kayu putih untuk tahun tanam 2015. Tanaman kayu putih tersebut diprioritaskan di 3 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan yang ada di lingkup wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan Sumedang dengan total kawasan hutan yang dipersiapkan untuk tanaman kayu putih seluas 883 ha.

Ketiga Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan tersebut adalah, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Tomo Utara, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Ujungjaya, dan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Conggeang.

Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Tomo Utara, Sarifudin mengatakan “Ini program Perhutani yang pertama untuk tanaman kayu putih, dari tiga Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan tersebut, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Tomo Utara yang paling luas tanamannya seluas 454,70 ha dengan jumlah bibit sebanyak 2.010.683 plc”.

Sarifudin menambahkan, bahwa program tersebut juga menguntungkan masyarakat sekitar hutan, yaitu berupa penyerapan tenaga kerja lokal yang diperkirakan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 4.000 orang. “Untuk Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Tomo Utara membutuhkan tenaga kerja local sebanyak 2.273 orang dan sisanya untuk Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Ujungjaya dan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Conggeang”.

“Potensi penghasilan dari tanaman kayu putih cukup menjanjikan. Hasil panen daun kayu putih dikirim dan diolah di Pabrik Penyulingan Kayu Putih yang ada di KPH Indramayu. Minyak kayu putih hasil penyulingan dijual kepada pihak ketiga’, tutup Sarifudin.(Kom-PHT/Smd)

Editor : Bagus Tri Aditiya

Copyright ©2015