PT. Semen Indonesia Komitmen Kembalikan Fungsi Lahan Pasca Tambang

 PT. Semen Indonesia Komitmen Kembalikan Fungsi Lahan Pasca TambangTUBAN, PERHUTANI (4/6) | PT. Semen Indonesia (SI) berkomitmen penuh dalam pengembalian fungsi lahan pasca tambang. Komitmen tesebut diwujudkan dengan kegiatan Tutup Tanam dalam rangka reklamasi pada lokasi Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) di petak 34-35, Kamis.

Kepala Divisi Regional JawaTimur Andi Purwadi menyampaikan apresiasinya atas kerjasama dalam proses penghijauan lahan pasca tambang tersebut. Memulihkan kembali supaya kondisi lingkungan tetap harmoni, mungkin sebagai kebanggaan kita dan alangkah baiknya bila ada pemberdayaan masyarakat sekitar untuk selalu bergandengan tangan pada semua pihak, untuk membangun kembali areal bekas tambang direklamasi menjadi baik lagi.

Excecutive Vice President (EVP) PT Semen Indonesia, Sunardi Prionomurti berharap sinergi dua perseroan dalam momen Tutup Tanam ini dapat terus memacu pelaksanaan reklamasi untuk menghutankan kembali lahan pasca tambang di lokasi IPPKH yang sudah menjadi keharusan. Serta, dapat mewujudkan industri persemenan ramah lingkungan yang bermanfaat secara sosial, ekonomi dan ekologi.

Penanaman ini adalah yang kedua setelah tahun 2010seluas 7,6 ha, jumlah pohon yang ditanam 14.444 pohon, dengan rincian jati 10.111 pohon sebagai tanaman pokok, dan jenis rimba campur berupa Mahoni, Johar, trembesi sebanyak 4.333 pohon.

Dalam acara tersebut juga diserahkan bantuan dan piagam penghargaan secara simbolis dari perum perhutani kepada perwakilan masyarakat, berupa penyaluran program sharing kayu tahun 2013 sebesar Rp 159.289.857,- kepada Ketua Forkom Kabupaten TubanYahmani dan Penyerahan Dana Program Kemitraan KPH Tuban Sebesar Rp 250.000.000,- kepada Kusnandar. Juga penyerahan piagam penghargaan kepada para tokoh penggerak masyarakat peduli lingkungan Bpk Ali Mansur dan Bpk Zuhri Ali. Direktur PT. Semen Indonesia juga menyerahkan bantuan untuk desa sekitar pabrik sebesar Rp 1,5 miliar, dengan harapan dana Corporate Social Responsibility(CSR) tersebut mampu membangun Desa lebih baik. (Kom-Pht/Tbn/Sp).

Editor : A. Irfan Setiawan

Copyright ©2015