Sambut Ramadhan di Wisata Citumang Perhutani Ciamis

dok/kom.pht.cms.2015

dok/kom.pht.cms.2015

CIAMIS, PERHUTANI (17/06) – Munggahan merupakan budaya yang sudah dilakukan turun temurun di masyarakat sunda dan telah menjadi kearifan lokal dalam menyambut kedatangan bulan ramadhan yang penuh pesona dan keistimewaan. Beragam acara yang dilakukan dalam munggahan, diantaranya makan bersama atau berekreasi bersama keluarga di tempat-tempat wisata. Kondisi ini membuat objek wisata Citumang Pangandaran Perhutani Ciamis ramai dikunjungi.

Munggahan atau kegiatan makan bersama  biasanya dilakukan dengan keluarga, saudara, teman atau rekan kerja. Di Pangandaran sendiri bukan hanya warga lokal yang merayakannya, sejumlah wisatawan juga melakukan munggahan sambil berekreasi, banyak warga yang sengaja membawa bekal dari rumah.

Nanto (37) salah seorang warga Kecamatan Sidamulih Kabupaten Pangandaran mengaku sudah terbiasa mengikuti tradisi munggahan. “Saya juga tidak tahu asal mulanya dari mana, tapi saya rutin melakukan munggahan tiap tahun di sini” ungkapnya.

Dirinya selalu mengajak seluruh anggota keluarga. “Kita makan bersama keluarga, pokoknya  makan besar yang enak-enak sebelum puasa,” ujarnya.

Tiap tahun dia sudah terbiasa mengunjungi objek wisata Citumang, “Ini merupakan tempat wisata favorit keluarga kami, karena selain pemadangan yang indah kita juga bisa berenang di air pegunungan yang jernih dilanjut dengan makan liwet, sungguh nikmat luar biasa” kata dia.

Menurutnya objek wisata Citumang menjadi salah satu tempat favorit untuk kegiatan munggahan di Pangandaran. “Setiap munggahan pasti rame, apalagi sekarang anak sekolah sudah pada libur,” tuturnya.

Beberapa lokasi yang ramai dikunjungi diantaranya Pantai Karang Nini, Curug Bojong, Taman Wisata Alam dan sejumlah tempat wisata lainnya di Pangandaran. (Kom-Pht/cms/aan)

Editor  : Dadang K Rizal

@copyright 2015

 

Tags: