Wagub Jabar Kunjungi DAS Citanduy Tasikmalaya

Dok.Kom-PHT/Tsk  @2015

Dok.Kom-PHT/Tsk @2015

TASIKMALAYA PERHUTANI (7/6) –  Wakil Gubernur Jawa Barat,  H Deddy Mizwar mantan pemeran Jenderal Naga Bonar dalam film Naga Bonar ini memantau kawasan konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citanduy dan lokasi penelitian mahasiswa Universitas Indonesia (UI) di Kampung Cikadu Desa Guranteng Kecamatan Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu.

Wakil Gubernur Jawa Barat,  H Deddy Mizwar mengatakan bahwa kondisi sungai Citanduy Cikadu belum separah sungai Citarum dan Ciliwung. Sudah sepatutnya semua pihak termasuk masyarakat untuk memeliharanya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan memberikan perhatian lebih dalam melakukan pemeliharan hulu Sungai Citanduy yang berada di Cikadu.

Menurut Deddy, memberi pemahaman pelestarian lingkungan kepada masyarakat Cikadu sangat penting untuk mencegah kerusakan lingkungan. Selain di Cikadu, ini agar dilakukan di seluruh tempat yang dilewati aliran sungai ini.

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) Tinah Kartinah mengatakan setiap tahunnya UI selalu memberikan hibah pengabdian kepada masyarakat dan salah satunya di Cikadu.

Wakil Adminstratur Perhutani Tasikmalaya,  Deden Yogi N mengatakan bahwa kawasan konservasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Citanduy Cikadu masuk wilayah RPH Pagerageung, BKPH Tasikmalaya.  Perhutani bersama Pemerintah Kab Tasikmalaya mengajak kepada masyarakat untuk senan tiasa menjaga dan melestarikan lingkungan, salah satunya melestarikan sepanjang pinggiran DAS yang ada di Tasikmalaya.

Di pinggiran sungai (DAS) Citanduy Cikadu ini sebelumnya telah ditanami pohon jenis Mahoni, Albazia, Buah buahan dll. Hal ini diharapkan bisa menjaga ekosistem alam supaya tetap seimbang dan menghindari terjadinya erosi, pungkasnya.  (Kom-PHT/Tsk/Asep Jb)