Indahnya Air Terjun Selogiri Banyuwangi Utara

Dok.Kom-PHT/Bwu  @2014

Dok.Kom-PHT/Bwu @2014

BANYUWANGI UTARA, PERHUTANI (15/7) | Bumi Perkemahan dan air terjun Selogiri masuk wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Selogiri dan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ketapang, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banytuwangi Utara, dusun Selogiri Kecamatan Kalipuro Kabupaten Banyuwangi .

Luas lokasi wisata 11 Ha, dikelilingi oleh tebing-tebing, pepohonan yang rindang dapat menampung kurang lebih 3000 orang.
Lokasi tersebut satu tahun sekali dipakai untuk latihan Marinir secara Internasional (Tentara Amerika, Australia dan Tentara Inggris dll ).

Kurang lebih 4 Km dari Bumi Perkemahan terdapat Air Terjun . Air terjun Selogiri merupakan tempat wisata yang Asri, dan sangat alami berada di ketinggian 400-600 m dpl, dan ketinggian air terjun ± 14 m, hamparan tebing yang berbatuan menambah keunikan dan keelokan Air terjun.

Disamping Air terjun terdapat sumber mata air yang dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai tempat mandi seorang putri yaitu Putri Sekardadu (Istri Syeh Maulana Ishaq).

Putri Sekardadu adalah Putri dari Raja Blambangan yang sangat terkenal pada jamannya, yaitu Minak Sembuyu. Menurut Juru Kunci setempat P. Ri : “ Barang siapa yang mandi di sumber mata air tersebut bisa awet muda, cepat mendapatkan jodoh, banyak muda-mudi yang datang untuk sekedar membasuh muka di Sumber Mata Air Ini, dan ada juga yang datang hanya sekedar ingin tahu saja”. ( KOM-PHT/Bwu/Bambang H).

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015