Kapuslitbang Cepu Kunjungi Persemaian Kayu Putih KPH Telawa

Dok. Kom-PHT/TLW @2015

Dok. Kom-PHT/TLW @2015

TELAWA, PERHUTANI (31/7) | Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan (Kapuslitbang) Perum Perhutani Cepu, Suwarno meninjau kegiatan persemaian kayu putih di lokasi Persemaian Karetan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Telawa, Jum’at.

Target persemaian kayu putih KPH Telawa sejumlah 2.856.502 plc merupakan persemaian kayu putih terbesar tingkat Divisi Regional (Divre) Jawa Tengah. Target tersebut akan digunakan untuk pemenuhan kebutuhan Rencana Teknik Tahunan (RTT) tanaman kayu putih di 3 KPH yaitu KPH Telawa sebanyak 833.143 plc, KPH Semarang 812.713 plc, dan KPH Purwodadi 1.210.646 plc.

Teknik perbanyakan bibitnya menggunakan metode internodia. Metode ini merupakan metode baru yaitu suatu tehnik memperbanyak tanaman dengan cara memotong per internodia atau ruas. Kegiatan tanaman kayu putih merupakan inisiatif pengoptimalan lahan yang tidak produktif untuk kelas hutan jati atau lahan yang dengan permasalahan sosial yang terus menerus, sehingga lahirlah kebijakan Direksi tentang tanaman plong-plongan kayu putih.

“Prioritaskan perbanyakan bibit dari internodia pada klon unggul yakni klon 71, memperbanyak bibit itu mudah namun saat penanamannyalah yang sulit karena terjadi kematian dilapangan. Jika dimungkinkan KPH agar membuat tambahan bibit, baik dari internodia maupun biji dari Puslitbang Cepu. Pembuatan bibit kayu putih di KPH Telawa sudah baik karena sudah sesuai Normal Progress Schedule (NPS).’  ucap Suwarno. (Kom-Pht/Tlw/Lastri).

Copyright ©2015