Komisi IV DPR RI Apresiasi Kinerja Perhutani

2015-7-10-Divre Jatim-Tulisan untuk websiteSURABAYA, PERHUTANI (9/7) |  Direktur Pengelolaan Sumberdaya Hutan (PSDH) Heru Siswanto didampingi Kepala Divisi Regional Jawa Timur Andi Purwadi menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi IV DPR RI yang diketuai Ibnu Multazam, di Surabaya kantor Perhutani Jatim, Kamis.

Rombongan ingin mengetahui informasi  tentang program kerja Perhutani khususnya kontribusi  di sektor pangan dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional. Komisi IV DPR RI  membidangi masalah pertanian, kehutanan, kelautan dan pangan.

Heru Siswanto memaparkan bahwa produksi tanaman pangan 2015 khususnya padi, jagung dari masyarakat desa kawasan hutan ditargetkan 422.500 ton dari keluasan lahan 73.000 hektar, sampai dengan bulan Meisudah terrealisasi 65%. Perhutani optimis target  akan terpenuhi pada akhir 2015. Bahkan pada tahun 2016 nanti direncanakan lebih besar lagi, yakni 1,257 ton dengan keluasan 267.000 hektar.

Menurut Heru, Perhutani telah berkontribusi menutup devisit pangan nasional sebesar 25% hingga 30%. Bahkan Dirut Perhutani Mustoha Iskandar baru-baru ini menandatangani Kesepakatan Kerja Bersama dengan Kementerian Pertanian dalam rangka mendukung kedaulatan pangan ini.

“Saya apresiasi kinerja Perhutani bahwa apa yang disampaikan Direktur telah memenuhi harapan komisi IV, dan supaya masalah pangan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Pertanian saja,” demikian Sjahrani Mataja salah satu anggota Komisi IV DPR RI mengatakan.

Pola kemitraan Perhutani dengan petani di dalam kawasan hutan dipandang telah berhasil membangun kemitraan dan akan dijadikan percontohan yang nantinya akan direalisasikan seperti di daerah Sulawesi. (Kom-PHT/Divre Jatim/Pth)

Editor: Soe

copyright ©2015