Memandang Stonehenge ala Perhutani Bondowoso

Batu Bersusun di tengah Hutan Jati

Batu Bersusun di tengah Hutan Jati

BONDOWOSO, PERHUTANI (15/7) |  Kalau Anda ingin melihat Stonehenge tidak perlu jauh-jauh ke Inggris. Di kawasan Hutan Jati Perhutani Petak 11 D RPH Kladi BKPH Prajekan, Anda juga bisa menjumpai batu raksasa yang tersusun rapi atau masyarakat setempat menyebutnya Batu So’on (Batu bersusun- bahasa Madura).

Untuk mencapai lokasi batu So’on tidak ada kendaraan umum dan hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari Kota Bondowoso, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 km untuk sampai di wilayah Kecamatan Cermee, lalu setelahnya Anda akan masih harus menuju Dukuh Batu Labeng yang masuk dalam wilayah Desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso. Jika ditotal akan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari Kota Bondowoso untuk sampai di kawasan ini.

Akses jalan untuk menuju ke Batu Solor juga tergolong sangat menantang karena penuh bebatuan dan cukup terjal. Namun sampai disana bersiaplah menyaksikan batu alam yang sangat mengagumkan. Disana kita bisa menyaksikan batu-batu alam berukuran raksasa tersebut berdiri tegak seperti para prajurit yang sedang berbaris. Tidak ada tiket masuk yang harus dibayar karena kawasan ini memang belum dikomersilkan, meskipun demikian jika ingin melihat tumpukan batu alam raksasa ini, Anda harus tetap menjaga kebersihan dan kelestarian kawasan.

Memang masih belum ada penelitian kapan Batu Solor tersebut mulai ada, namun jika diperkirakan dari kenampakannya, batu-batu tersebut merupakan situs pra sejarah yang umurnya mencapai ribuan tahun. Tidak hanya barisan batu, namun di sekitar Batu So’on ini juga ditemukan batu-batu dengan berbagai macam ukuran yang tersebar di kawasan hutan Jati seluas 20 Ha. (Humas/Pht/Bwo/Veni)

Copyright ©2015