Pasar Murah Ramaikan Desa Hutan

Kompas – Suasana pinggir hutan di Desa/Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang biasanya sepi, Minggu (5/7) menjadi meriah. Warga bergembira membeli barang kebutuhan pokok dari pasar murah yang digelar Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat-Banten dengan harga separuh harga pasar eceran.

Kepala Desa Cibaliung Empud Nahrowi menyatakan, pasar murah itu hal baru di desanya sebab baru sekali diadakan. Pasar murah membantu warga Cibaliung, terutama yang terkategori warga prasejahtera.

Pasar murah di desa itu menyediakan paket bahan pokok, terdiri dari beras, minyak goreng, mi instan, gula pasir, dan sirup. Paket seharga Rp 100.000 di pasar umum itu dijual Rp 50.000. Program sinergi dengan masyarakat juga digalang Perhutani melalui pembinaan usaha mikro kecil dan menengah.

“Program ini berjalan rutin di 14 kesatuan pemangkuan hutan (KPH) di Jabar dan Banten,” jelas Kepala Perhutani Divre Jabar-Banten Ellan Barlian di pasar murah Desa Cibaliung.

Kerja sama kemitraan ditumbuhkan Perhutani untuk membangun hubungan sinergi dengan masyarakat desa hutan. Langkah ini diharapkan ampuh membuahkan hubungan yang harmoni, termasuk di wilayah yang mengalami gangguan keamanan hutan. Pasar murah juga digelar di Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Jabar.

Sinergi BUMN

Suasana meriah juga berlangsung di Desa Pinggir, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Sabtu. Warga desa antre mendapatkan bahan pokok di Pasar Murah Ramadhan yang digelar dalam rangka sinergi badan usaha milik negara (BUMN) membangun negeri.

Direktur Utama Perhutani Mustoha Iskandar, didampingi Kepala Divre Jatim Andi Purwadi, di lokasi menyatakan, pasar murah oleh Perhutani diadakan di desa hutan yang aksesnya kurang bagus dan sebagian besar mereka bekerja di hutan. Diharapkan pasar murah dengan harga paket setengah harga pasar ini membantu warga menikmati Lebaran dan mendorong mencintai dan menjaga kelestarian hutan.

Di Kabupaten Gresik, Jatim, pabrik pengolahan ikan PT Kelola Mina Laut dan PT Petrokimia Gresik (PKG), Minggu, melaporkan rencana pasar murah di wilayah itu. Direktur Utama PKG Hidayat Nyakman menyebutkan, pasar murah itu untuk mendukung upaya pemerintah mengendalikan harga bahan pokok.

Sebanyak 119 BUMN menggelar pasar murah secara serentak di 150 titik di seluruh Indonesia mulai Jumat hingga Minggu. Sinergi empat BUMN (PT Semen Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Pertamina, dan PT Pegadaian) menggelar pasar murah di Perumahan Semen Gresik di Kabupaten Tuban, Jatim.

(DMU/ACI/GRE)

Sumber : Kompas, hal. 23
Tanggal : 6 Juli 2015