Sinergi Dan Kontribusi, Berikan Solusi

Indopos – Tujuh BUMN bersinergi menggelar pasar murah BUMN untuk memeriahkan Ramadan dan menyambut Idul Fitri1436 H serta memberikan kegembiraan untuk masyarakat. Pasar murah BUMN ini kali merupakan hasil kerja sama dan sinergi antara Pertamina, Semen Indonesia, Mandiri, BNI, BRI, BTN, dan Pegadaian. Pasar Murah BUMN dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo yang didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan jajaran direksi BUMN di Lapangan Komando Resort Militer 062, Garut, beberapa hari lalu. Sekitar 3.500 paket sembako dijual pada gelaran pasar murah BUMN di Garut.

“Program ini merupakan salah satu wujud sinergi dan kontribusi BUMN dalam memberikan solusi langsung kepada masyarakat di sekitar operasi BUMN. Momentum Ramadan juga saat yang tepat di mana pada bulan yang penuh berkah ini sangat dianjurkan kepada kita untuk lebih banyak berbagi,” kata Rini dalam keterangannya. Pasar Murah BUMN juga secara serentak digelar oleh 119 BUMN di berbagai titik terdekat dengan operasi BUMN. Di Nganjuk Jawa Timur, Perum Perhutani menggelar pasar murah di Desa Pinggir, Kecamatan Lengkong.

Direktur Utama Perhutani Mustoha Iskandar, didampingi Kepala Divisi Regional Jatim Andi Purwadi, hadir di tengah kerumunan warga membuka acara sekaligus menyerahkan paket sembako kepada 4 orang pembeli dari 1.500 paket sembako yang dijual setengah harga di wilayah Divisi Regional Jatim. Mustoha menyatakan bahwa pasar murah Ramadan Perhutani khusus diadakan di desa-desa hutan yang aksesnya kurang bagus dan sebagian besar mereka bekerja di hutan.

“Diharapkan pasar murah dengan harga paket setengah harga pasar ini membantu masyarakat menikmati Lebaran dan mendorong masyarakat mencintai dan menjaga kelestarian hutan,” katanya. Pemberdayaan masyarakat selama ini telah dilakukan Perhutani di 5.278 desa hutan melalui 5.278 kelompok-kelompok Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Selain mendapatkan manfaat dari kegiatan kerja di hutan, mereka juga mendapatkan nilai dari sharing hasil hutan kayu-non kayu, pembinaan usaha produktif, pelatihan dan pinjaman dana kemitraan bunga rendah.

(lum)

Sumber : Indopos, hal. 5
Tanggal : 10 Juli 2015