Survei Biodeversity Upaya Pengelolaan Hutan Lestari Di Kawasan Hutan Madiun.

BiodeversitiMADIUN, PERHUTANI (29/7) | Pengelolaan keanekaragaman hayati merupakan kegiatan rutin dalam upaya memenuhi prinsip pengelolaan hutan secara lestari (prisip FSC). Komitmen Perhutani Madiun dalam pengelolaan hutan lestari salah satunya adalah survei ulang biodiversity atau keanekaragaman hayati untuk mengetahui flora, fauna di dalam kawasan hutan Madiun.

Administratur Perhutani Madiun, Widhi Tjahjanto mengatakan bahwa survey biodiversity merupakan kegiatan rutin Perhutani Madiun dalam pemantauan keanekaragaman flora dan fauna di kawasan hutan. Kegiatan pengelolaan hutan berdasarkan aspek kelestarian produksi, kelestarian sosial, dan kelestarian lingkungan guna pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development).

Ketua kelompok kerja (Pokja) PHL Pengelolaan Hutan Lestari,  Erik Alberto menyatakan bahwa Perhutani KPH Madiun adalah salah satu pemegang Sertifikat Pengelolaan Hutan Lestari standar FSC (Forest Stewardship Council) berkomitmen untuk mentaati 10 prinsip FSC. Survei potensi biodiversity, penetapan spesies interest, penetapan kawasannya dan kegiatan pengelolaannya telah berlangsung sejak tahun 2008. Pemantauan jenis flora tingkat semai, pancang, tiang, pohon, dan tumbuhan bawah dan jenis fauna seperti herpetofauna, mamalia, dan aves di lokasi-lokasi Stasiun Pemantauan Biodiversity rutin dilaksanakan oleh sub seksi lingkungan tingkat KPH Madiun.”tambahnya. ( Komp-PHT/Mdn/Yudi).

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015