Antusiasme Perayaan Hari Kemerdekaan Di Perbatasan

kompas.com – Gerak jalan sehat masyarakat Pulau Sebatik tampak semarak hingga garis akhir di desa Pancang, kecamatan Sebatik Utara pada Minggu (16/8/2015) pagi. Semakin dekat ke garis finish, para peserta gerak jalan dengan antusias menyanyikan lagu berjudul “Hari Merdeka”.

“Sekali merdeka tetap merdeka, selama hayat masih dikandung badan. Kita tetap setia tetap setia mempertahankan Indonesia,” seru para peserta di garis depan.

Gerak jalan itu sebelumnya dimulai di lapangan Desa Sei Nyamuk yang ada di Kecamatan Sebatik Timur. Sekitar 1.000 orang peserta mengikutinya. Mulai dari anak kecil hingga warga usia dewasa tampak menikmati gerak jalan tersebut.

Sambil bercengkrama sesama warga, mereka menikmati jalanan sepanjang 2 kilometer yang kosong pada pagi itu.

“Kita nikmati pas sekali kan hari Minggu jadi bisa berolahraga juga. Lebih dekat sama warga lain. Momen ini juga sekali setahun belum tentu tahun depan bisa semeriah ini,” ujar Nisma, salah satu peserta gerak jalan yang tinggal di desa Sei Nyamuk.

Sejumlah warga Sebatik juga mengungkapkan kegiatan masyarakat di daerah itu masih kurang. Terlebih, kegiatan yang melibatkan seluruh warga di Pulau Sebatik.

Oleh karenanya, meski sempat diguyur gerimis hujan, mereka menunjukkan semangatnya dalam kegiatan jalan sehat yang dinisiasi oleh Perum Perhutani dan PT Pos Indonesia dalam rangka “BUMN Hadir Untuk Negeri” itu.

Sumber : kompas.com
Tanggal : 17 Agustus 2015