Coban Sewu Mulai Terkenal

Radar Malang – AMPELGADING – Keberadaan wisata alam Coban Sewu di Desa Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading ini makin dikenal masyarakat. Sebab, pengunjungnya terus bertambah. Saat ini warga setempat didukungPerhutani KPH Malang membangun tangga dari bambu, agar pengunjung bisa turun ke dasar jurang setinggi sekitar 250 meten Sehingga saat ini, wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan kesegaran alam Coban Sewu lebih mudah untuk menuju dasar coban yang lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang itu.

Selama ini, wisatawan hanya bisa menyaksikan air terjun dari atas. Sementara untuk turun ke dasar coban untuk melihat dari sisi bawah, jalannya terjal. Karena berupa tebing yang nyaris tegak lurus.

Namun, meski sudah tersedia fasilitas ini, hanya pengunjung yang memiliki nyali besar dan fisik prima saja yang berani menyusuri tangga tersebut.

Ketua Pengelola Coban Sewu Andik Suwoyo mengatakan, belakangan ini mulai ramai. Kemudian pihak warga setempat, tepatnya warga di RT 4 dan RT 7 Desa Sidorenggo melakukan survei lokasi. “Kemudian kami sepakat membuka lahan dan jalan untuk akses wisatawan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sidorenggo Herianto mengatakan, semakin beikembanganya potensi ini, pihak desa berharap akan semakin banyak wisatawan yang datang. Sehingga hal tersebut bisa mengangkat perekonomian warga.

Menurut dia, selain Coban Sewu, di Desa Sidorenggo juga terdapat Coban Cibulungan setinggi 15 meter yang jaraknya sekitar satu kilometer dari Coban Sewu. “Kalau objek ini sangat cocok untuk wisata keluarga,” pungkasnya. (zal/dsp/c2/lld)

Sumber : Radar Malang
Tanggal : 12 Agustus 2015