Direktur PSDH Berikan Makalah Pada Acara Kongres Sungai Indonesia

KEDU SEDirektur PSDH Berikan MakalahLATAN, PERHUTANI (27/8) |  Direktur Pengelolaan Sumberdaya Hutan Heru Siswanto menyampaikan makalah tentang ecoturism yang keterkaitannya dengan pelestarian budaya lokal pada Kongres Sungai Indonesia 2015  yang bertemakan Ekowisata sebagai Upaya Konservasi Budaya dan DAS di Banjarnegara, Kamis (27/8).

Heru menyatakan bahwa Pantai Papuma Jember tidak kalah uniknya dengan yang ada di Bali. Namun kita kadang latah, biar seperti Bali di Tanjung Papuma pakai bikini. Bisa dibayangkan maka kyai akan mengharamkannya.

“Lha ini barangkali yang menjadi perebungan kita semua adalah tempat ecoturism yang ada di Indonesia khususnya yang ada di Jawa banyak. Kita tidak bisa agar wisatawan yang ada di Jember seperti yang ada di Bali. Tidak bisa semua  budaya yang ada di Bali diadopsi di Jember. Di sisi lain bagaimana wisata agar menjadi lokasi unggulan.

Perum Perhutani memiliki 236 obyek wisata yang  tersebar, di Jatim 126 obyek, Jateng 38 obyek, di Jabar 72 obyek wisata. Kalau kita jumpai obyek wisata yang ada hubungannya dengan air, misal rafting, bisa dibayangkan kalau sungainya kering semua, sungainya keruh semua,” ujar Heru.

Ikut hadir dalam acara tersebut Administratur Perhutani Banyumas Timur, Wawan Triwibowo, Administratur Perhutani Banyumas Barat,  Setyawan, Administratur Perhutani Kedu Utara, Iwan Setiawan dan Wakil Administratur Kedu Selatan, Arif Fitri  Saputra. (Kom-PHT/Kds/Agus).

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015