Gerakan Pramuka Kwarcab Kuningan Gelar Raimuna Tahun 2015

KUNINRaimuna-KngGAN, PERHUTANI (12/08) – Sesuai dengan program kerja Kwartir Cabang Kuningan, Gerakan Pramuka Kuningan menggelar kegiatan Raimuna Tahun 2015 bertempat di Bumi Perkemahan Palutungan Desa Palutungan Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan tanggal 10 sampai dengan 14 Agustus 2015.

Peserta kegiatan tersebut adalah anggota Pramuka Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliah (MA), dan Satuan Karya (Saka) se-wilayah Kabupaten Kuningan.

Dalama acara ini digelar pula pameran Budaya Kuningan Expo 2015, yang merupakan pameran budaya, makanan khas daerah, hasil karya dan ciri khas daerah. Selain itu digelar pasar rakyat pramuka yang berisi barang kebutuhan sehari-hari, atribut kegiatan, oleh-oleh dan kegiatan sponsor, juga dengan penampilan pentas seni budaya wilayah masing-masing peserta.

Mabi Saka Wanabakti, Erwin Lukmandar saat memberikan materi dengan tema “Kemitraan Perhutani dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH)”, menyatakan bahwa kerjasama yang dilakukan Perum Perhutani dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan atau Stakeholder adalah dalam bentuk kegiatan pemanfaatan lahan dibawah tegakan (PLDT), Jasa lingkungan, Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan pengamanan hutan, kerjasama tersebut diikat dengan perjanjian kerjasama dengan LMDH yang beranggotakan masyarakat sekitar hutan yang sudah ber-Akte Notaris.

Kegiatan kemitraan tersebut selain dapat meningkatkan pendapatan Perhutani juga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa sekitar hutan serta mensejahterakan masyarakat.’’ Tuturnya menambahkan.

Raimuna Cabang Kuningan Tahun 2015 ini sebagai pembinaan generasi muda dibidang kepramukaan, pendidikan, seni, olahraga dan kewirausahaan serta memperkokah persatuan dan membina kekeluargaan dikalangan generasi muda khususnya anggota Gerakan Paramuka Penegak Pandega sebagai bentuk pengamalan dari Dasa Dharma Pramuka. (Kom-PHT/Kng/Dan)

Copyright ©2015