LMDH Bojonegoro Terima Sharing Perhutani Rp 405 Juta

2015-08-14-BJN-Sharing Produksi-Foto1

Dok.Kom-PHT/Bjn@2015

BOJONEGORO, PERHUTANI (14/8) | Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono didampingi Kepala Biro Perlindungan SDH & Kelola Sosial Divre Jatim, Susilo Budi Wacono menyerahkan hasil Sharing produksi kayu Perhutani 2013 Perhutani Bojonegor sebesar Rp 405.808.982,- kepada 4 Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Kabupaten Bojonegoro di Aula KPH Bojonegoro, Jum’at.

Setyo Hartono menyatakan bahwa 40 % wilayah Bojonegoro adalah kawasan hutan jadi masyarakat Bojonegoro harus bermitra dengan Perhutani, kemitraan kita dengan Perhutani akan mendapatkan banyak manfaat, dan salah satu manfaatnya adalah selain kita bisa bertani dengan sistem Tumpangsari dilahan yang dikelola oleh Perhutani kita juga mendapatkan sharing produksi kayu tiap tahunnya.

“Dana Sharing yang kita terima dari Perhutani harus kita imbangi dengan membantu Perhutani dalam menjaga kelestarian hutan, kita harus menjadi Desa Sehat dan Desa Cerdas, kalau hutan kita gundul yang rugi adalah kita semua, hutan gundul dapat mengakibatkan banjir bandang dalam hitungan menit di wilayah kabupaten Bojonegoro” tambahnya.

Sementara Susilo Budi Wacono dalam sambutannya menyatakan bahwa pemberian dana sharing memang ada keterlambatan, hal ini disebabkan karena menunggu kayu tebangan pada tahun tersebut terjual, Perhutani tidak hanya memberikan dana sharing sebesar Rp 405 Juta saja akan tetapi di wilayah Perhutani yang lain nilai sharingnya bisa mencapai milyaran rupiah ditambah lagi Perhutani telah memberikan dana pinjaman lunak dalam Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) kepada LMDH dimasing-masing KPH sebesar Rp 125 Juta untuk usaha produktif LMDH.

Menurut Administratur Perhutani Bojonegoro, Erwin, proses kemandirian LMDH merupakan tolak ukur dari keberhasilan implementasi PHBM di wilayahnya, salah satunya dengan pemanfaatan dana sharing atau bagi hasil kerjasama PHBM yang tepat sasaran.

Erwin berharap agar dana sharing yang diterima LMDH mempunyai manfaat yang berkelanjutan, sebagian dana sharing pergunakanlah untuk modal awal pengembangan usaha produktif LMDH, pendirian Koperasi LMDH dan pembangunan desa hutan” Imbuhnya.

4 LMDH penerima dana sharing Perhutani di wilayah Bojonegoro adalah LMDH Wana Tirta Desa Dander Kecamatan Dander sebesar Rp 105.633.728,-, LMDH Wana Lestari Desa Bubulan Kecamatan Bubulan sebesar Rp 67.370.163,-, LMDH Barokah Sumber Jati Desa Kedungsumber Kecamatan Temayang sebesar Rp 37.770.196,-, LMDH Rimba Sakti Desa Clebung Kecamatan Bubulan sebesar Rp 64.578.266,- dan penerima dana PKBL adalah Koperasi Tani dan LMDH Sahabat Tani Desa Cancung Kecamatan Bubulan. (Dok.Kom – PHT/Bjn/Rafik).

Copyright ©2015