Perhutani Jatirogo Sosialisasikan Penggunan Pupuk Kepada LMDH

DSC_0016JATIROGO, PERHUTANI (7/8)  |  Perhutani Jatirogo memberikan pembinaan terhadap Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Asri dan LMDH Sekar Jati BKPH Bangilan di balai desa Bangilan tentang penambahan dan penggunaan pupuk yg baik. Jumat.

Perhutani Jatirogo selalu berupaya membantu pemerintah Kabupaten Tuban untuk ikut mensejahterakan masyarakat sekitar hutan hal ini dibuktikan dengan adanya Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) dan pembentukan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Administratur KKPH Jatirogo, Achmad Basuki menyampaikan bahwa  Perum Perhutani Jatirogo sudah membuat data base tipologi sosial dan potensi sumber daya hutan sesuai pangkon LMDH untuk mengetahui apa kekurangan dari masyarakat desa hutan, yaitu  kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi misalnya  Pakan ternak melalui  tanaman sela yang ditanam rumput gajah, kebutuhan kayu pertukangan dalam tanaman pengisi ditanami kayu klarisidi.

“LMDH mempunyai hak dan kewajiban, haknya untuk mendapatkan dana sharing dan kewajibannya untuk ikut membantu keamanan hutan sehingga kontribusi yang diharapkan sama-sama tercipta dengan baik, tercipta hubungan yang harmonis dan terjadi saling memguntungkan antara masyarakat dan Perhutani” tambahnya.(kom/jtr/Eva).

Copyright ©2015

Artikel Terkait: