Perhutani Bersama Pemda Madiun Serahkan Sharing Ke LMDH Rp. 648 Juta

serah sharing bupatiMADIUN, PERHUTANI (7/8) | Administratur Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madiun bersama Pemda Kabupaten Madiun, dan unsur Forpimda Kabupaten Madiun serta Stakeholder terkait menyerahkan dana sharing produksi kayu dan non kayu tahun 2013 kepada LMDH dalam Wilayah kerja Perhutani Madiun, bertempat di Wana Wisata Grape Petak 17b RPH Kresek BKPH Brumbun, Kamis.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Madiun, Muspida Kabupaten Madiun, Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Madiun, Muspika Kecamatan Wungu, Administratur Perhutani Lawu Ds. dan Perhutani Saradan, perwakilan LMDH Penerima sharing, LSM Pendamping Masyarakat, LSM Permata Madiun dan LSM Bangun Masyarakat Sejahtera Ponorogo dan Stakeholder terkait.

Administratur Perhutani Madiun,  Widhi Tjahjanto menyatakan bahwa sebanyak 56 LMDH KPH Madiun menerima sharing kayu dan non kayu tahun 2013  sebesar Rp. 648.323.256,- . Besar kecilnya perolehan sharing tergantung bagaimana Hutan Pangkuan Desanya dikelola LMDH bersama Perhutani dengan baik, mulai dari tanaman, pemeliharaan, produksi dan keamanannya, karena hal itu merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh LMDH sebagai mitra kerja Perhutani.

“Agar Dana Sharing yang diterima LMDH mempunyai manfaat yang berkelanjutan maka agar diupayakan dana sharing digunakan untuk modal awal pengembangan usaha produktif LMDH, pendirian koperasi, dan pembangunan desa hutan “ tegas Widhi.

Wakil Bupati Madiun, Iswanto menyampaikan terima kasih kepada Perum Perhutani yang mana dengan terjalinya kerjasama dalam bidang pengelolaan hutan bersama masyarkat (PHBM) masyarakat desa hutan dapat merasakan hasilnya. Iswanto berpesan agar diupayakan masing-masing Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) bisa mandiri maju dan berkembang. Proses kemandirian LMDH merupakan tolak ukur dari keberhasilan implementasi PHBM, dimana kemandirian tersebut dapat terwujud salah satunya dengan pemanfaatan dana sharing bagi hasil dari kerjasama PHBM Perhutani dan LMDH yang tepat sasaran, LMDH agar meningkatkan peran aktifnya dalam mengelola hutan secara lestari agar hutannya hijau masyarakatnya sejahtera” Ungkap Iswanto. ( Komp-PHT/Mdn/Yudi).

 

Copyright ©2015