Perhutani Bojonegoro Bersama Dinas ESDM Survey Lokasi Bantuan Sumur

BOJONEGORO, PERHUTANI (19/8) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro bersama Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Kabupaten Bojonegoro survey lokasi bantuan sumur Perhutani untuk menanggulangi daerah terdampak kekeringan di RPH Brabuan BKPH Temayang, Rabu.

Wakil Administratur/KKPH Bojonegoro, Mulyana mengatakan bahwa Perhutani bekerjasama dengan Dinas ESDM Kabupaten Bojonegoro dalam rangka untuk mencari keberadaan sumber air didalam tanah dengan menggunakan Metode Geolistrik dan kebetulan Dinas ESDM memiliki alat dan tenaga ahli yang sudah terbiasa menanggani hal tersebut.

Sementara itu Rahman salah satu petugas dari Dinas ESDM Kabupaten Bojonegoro mengatakan Geolistrik merupakan metode geofisika yang cukup efektif untuk digunakan dalam mendeteksi keberadaan air tanah dengan memanfaatkan sifat batuan yang mampu mengalirkan arus listrik.

Geolistrik merupakan alat alternatif yang dapat digunakan dalam kegiatan teknik sipil untuk mengetahui lapisan tanah didalam bumi, selain dengan menggunakan metode hand bor, sondir, dan metode lain dalam ilmu teknik sipil.

Geolistrik sendiri memiliki cara kerja yang efisien karena mudah dioperasik, mudah dibawa, murah, dan akurasi data yang dapat diandalkan. Kom – PHT/Bjn/Rafik.

Copyright ©2015