Sebatik Lengang Pasca Acara “BUMN Untuk Negeri”

20150820sepiSebatik (Antara News Kaltara) – Bagi warga Pulau Sebatik –sebuah pulau kecil paling utara Kalimantan berbatasan darat dan laut dengan Malaysia timur–  pada perayaan 17-an Agustus 2015 adalah momen istimewa. Sudah tentu karena HUT RI tahun ini agak istimewa karena memasuki usia genap 70 tahun merdeka

Selain itu, pada perayaan hari sakral bagi bangsa Indonesia itu lebih spesial karena hadir bersama mereka tiga delegasi yang diwakili para pejabat teras dari  Perum Perhutani, PT Pos Indonesia dan PT Sucofindo. Kehadiran perusahaan “plat merah” itu  terkait HUT RI ke-70 dengan tema “BUMN Hadir Untuk Negeri”.

Berbagai acara digelar oleh BUMN tersebut agar bersama-sama warga perbatasan bisa merasakan kegembiraan serta wujud syukur atas kemerdekaan yang genap berusia 70 tahun. Ibarat sebuah pesta maka pasti ada perpisahan, Suasana pesta sudah berakhir saat acara perayaan serta berbagai lomba tradisional juga selesai digelar.

Kini, Pulau Sebatik kembali ke denyut sehari-hari yang tampak begitu sepi. Lihat saja, jalan protokol di Sungai Nyamuk Sebatik  tampak lenggang. Berbeda sekali saat menjelang perayaan serta hari puncak HUT. Mungkin yang tersisa dari kemeriahan adalah sebagian  umbul umbul, sedangkan baliho dan  spanduk mulai bersih di lapangan dan jalanan.

Ibu Sari Bulan pengelola warung makan ikan bakar Nur Ayrin dekat pasar Sungai Nyamuk yang menjadi langganan panitia, hampir seminggu merasa kehilangan suasana yang entah kapan lagi ada. Ikan bakar bumbu rica salah satu menu favorit tamu selain harga relatif terjangkau.

“Setelah ibu panitia ini pulang, disini akan kembali sepi. Kemarin saya bisa menjual sampai 50 kg ikan sehari karena tamu banyak, peserta upacara dari Kabupaten Nunukan juga banyak, jadi lumayanlah. Kalau sepi begini mungkin hanya sekilo sehari” ujarnya sambil menyiapkan ikan bakar pesanan terakhir panitia yg bersiap berangkat.

Seperti Sari Bulan, Rohana penjual pisang gorengan di pinggir jalan protokol mengaku tujuhbelasan kemarin luar biasa ramai dan dagangNnya laris manis. “mudah mudahan ada BUMN Hadir terus setiap hari, biar dagangan saya laris” kata berharap.

Ditulis Oleh Susetiyaningsih

Editor:iskandar zulkarnaen

Sumber : kaltara.antaranews.com
Tanggal : 20 Agustus 2015