Tim Wana Lestari Tingkat Nasional Kunjungi LMDH Sumber Lestari Kediri

Dok. Kom-PHT/Kdr @2015

Dok. Kom-PHT/Kdr @2015

KEDIRI, PERHUTANI (3/8) | Tim Wana Lestari Tingkat Nasional mengunjungi Sekretariat LMDH Sumber Lestari Perhutani Kediri di Desa Samar Kecamatan Pagerwojo Tulungagung.

Kunjungan ini bukan tanpa alasan, kiprah LMDH binaan Perhutani KPH Kediri ini terhadap kelestarian lingkungan dan masyarakat sekitar tak dapat diragukan lagi, sehingga menurut tim wana lestari lembaga ini layak untuk diajukan sebagai juara tingkat Nasional.

Sejak berdiri pada tahun 2005, LMDH yang dipimpin oleh Pak Sungkono ini mampu melukis segudang prestasi di berbagai kegiatan terutama di bidang kehutanan dan perkebunan dan beberapa kegiatan sosial lainya. Masyarakat Desa Samar pun mersakan manfaat dari keberadaan lembaga ini, inovasi-inovasi baru baik di bidang tanaman perkebunan, peternakan dan pembuatan usaha lain seperti pembuatan krupuk serta berternak madu Lanceng yang ditawarkan banyak diminati masyarakat. Selain bidang usaha, LMDH Sumber Lestari juga mengimbangi kegiatan sosial seperti menghijaukan sumber mata air yang sampai saat ini di Desa Samar ini sudah mencapai 21 titik sumber mata air yang sudah ijo royo-royo.

Toni Kuspuja yang memimpin tim wana lestari mengapresiasi kekompakan pengurus dan anggota dalam mengelola LMDH. Dengan dukungan dari semua unsur masyarakat baik dari pemerintah, tokoh masyarakat, pemuda dan lainnya yang ada di Desa Samar, LMDH yang mandiri bisa terwujud sehingga usaha yang dilakukan tidak tergantung permodalan orang lain. (Kom-Pht/Kdr/Jufri)

Editor  :  A. Irfan S.

Copyright ©2015