Bulan Diskon Beli Kayu

Radar Banyuwangi – BANYUWANGI — Saat nilai tukar rupiah terus tertekan dolar, perekonomian Indonesia sedikit lesu. Namun momen tersebut dimanfaatkan betul oleh Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Komersil Wilayah Banyuwangi. KBM Komersil yang menangani penjualan kayu dari hasil tanam Perhutani, memberikan diskon pembelian kayu hingga akhir tahun.

Selain diskon yang besar-besaran KBM Komersil wilayah Banyuwangi yang bermarkas di jalan Gajah Mada Banyuwangi ini juga mempermudah masyarakat untuk membeli kayu. Manajer KBM Ko mersil Wilayah Banyuwangi, Joko Santoso mengatakan, masyarakat bisa langsung membeli kayu Perhutani langsung melalui KBM. “Jika belum memiliki SIUPP atau berbadan hukum.

Bila perorangan ingin membeli kayu bisa menggunakan KTP,” ujar Joko di ruang kerjanya kemarin (16/9). Hal senada juga dikuatkan oleh Muhammad Rifai, Asisten Penjualan KBM Komersil Wilayah Banyuwnagi. Dia menambahkan, untuk pembelian kayu jati kurang dari 100 meter kubik dan kayu rimba kurang dari 200 meter kunik dalam satu transaksi, masyarakat terutama perorangan bisa berhubungan langsung dengan KBM Komersil Wilayah Banyuwangi. ”Biasanya, kayu tersebut untuk kepentingan membuat rumah,” ujar Rifai.

Rifai mengatakan, selain itu KBM juga memberikan diskon yang berlaku mulai 14 September hingga akhir Desember 2015 mendatang. Contohnya, untuk kayu Jati dengan diameter 16-19 cm kategori A1 dengan panjang 2 meter, KBM memberikan Harga Jual Dasar (HJD) plus 15 persen sedangkan untuk kayu Jati dengan Gubal Tebal berdiameter 16-19 cm mutu T-up diberikan HJD + 10 persen.

Apabila masyarakat ingin Kayu jenis lain, yang masuk kategori kayu Rimba seperti Mahoni, Pinus, Damar dan Manting KBM Komersil juga memberikan harga special dari biasanya. Untuk kayu Mahoni diameter 33 — 39 cm diberikan HJD – 5 persen, sementara untuk Mahoni diameter 40cm up diberikan HJD -10 persen. Pun demikian dengan kayu Damar A3 diameter 30-39 cm diberikan HJD -5persen. Masih menurut Rifai, semua harga dan potongan harga tersebut tidak termasuk sub charge. (*/bay)

Sumber : Radar Banyuwangi, hal. 45
Tanggal : 17 September 2015