Gua Macan Mulai Digandrungi Warga

Radar Banyuwangi – Potensi wisa ta di wilayah Kecamatan Pesanggaran, ternyata cukup banyak. Gua Macan yang berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, ternyata memiliki panorama yang cukup eksotik. Lokasi wisata yang berada di wilayah KPH Perhutani Banyuwangi Selatan, itu hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari pantai Pulau Merah ke arah utara.

Saat ini, tempat itu mulai banyak didatangi pengunjung. Dari puncak Gua Macan dengan ketinggian sekitar 300 meter dari permukaan air laut itu, akan bisa melihat pemandangan pantai Pulau Merah. Untuk menuju ke puncak itu, akan melalui gua yang berasal dari tumpukan batu berukuran besar. “Tumpukan batu itu dikenal Gua Macan,” cetus Suyitno, 37, salah satu warga sekitar. Gua Macan yang ada di daerahnya, terang dia, akhir-akhir ini mulai ramai pengunjung.

Itu setelah pantai Pulau Merah banyak didatangi warga. “Dulu pernah dibuka untuk wisata, tapi tidak ramai seperti sekarang,” katanya. Pengunjung di Gua Macan ini ramai saat hari libur. Kemarin (13/9), puluhan warga terlihat datang ke puncak melalui Gua Macan. Setiap pengunjung yang akan menuju ke puncak, tidak dikenakan tarif alias gratis. “Lokasinya bagus, jalannya penuh tantangan,” cetus Najibullah, 22, salah satu pengujung asal Kecamatan Tegaldlimo. Menurut Najibullah, dari puncak Gunung Macan itu bisa melihat pemandangan yang cukup bagus.

Yang lebih bagus lagi, dari tempat itu bisa menikmati sunset. “Bisa melihat terbenamnya matahari,” ungkapnya. Camat Pesanggaran, Didik Joko Suhono, mengatakan potensi wisata Gua Macan memang cukup bagus. Beberapa pengujung mancanegara dan lokal, sering mengunjungi lokasi tersebut. Hanya saja, pengelolaan tempat tersebut memang masih belum dilakukan secara penuh. “Lokasi itu milik Perhutani,” cetusnya. (sli/abi)

Sumber : Radar Banyuwangi, hal. 36
Tanggal : 14 September 2015