Perhutani Siap Dukung Percepatan Pembangunan Di Bojonegoro

Dok. Kom-PHT/BJN @2015

Dok. Kom-PHT/BJN @2015,

BOJONEGORO, PERHUTANI (11/9) | Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno berjanji akan mendorong investasi di Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya membantu proses investasi untuk mempercepat sejumlah proyek nasional guna mendukung pertumbuhan ekonomi di Bojonegoro. Jum’at

Dia menjelaskan, kedatangan ke Bojonegoro kali ini adalah ingin melihat potensi yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Beberapa waktu lalu Bupati Bojonegoro Kang Yoto sudah datang ke Kantor Kementerian BUMN di Jakarta membahas potensi Bojonegoro yang bisa dikerjasamakan dengan BUMN.

Menurut Rini, selain Blok Cepu, yang saat ini Pertamina sudah terlibat di dalamnya, juga rencana eksplorasi dan produksi Gas Jambaran – Tiung Biru (J-TB). Produksi gas ini akan membawa usaha ikutan bagi Bojonegoro seperti pembangunan pabrik Pupuk Kujang yang saat ini masih negoisasi harga dengan Pertamina yang lahannya sebagian besar menggunakan lahan Perhutani.

Rini juga menyampaikan, harga yang ditawarkan Operator Gas J-TB masih sedikit tinggi dari harga gas yang biasa dibeli pabrik pupuk di Indonesia yakni sebesar USD7,5/ MMBTU. Karena itu, pihaknya akan segera melakukan pembicaraan dengan Kementerian ESDM untuk mencari jalan keluar agar secapatnya ada kesepakatan. “Tak perlu lah pakai subsidi. Kita akan cari solusinya,” kata Rini Sumarno. “Secepatnya kita cari jalan keluarnya sehingga tahun ini ground breaking untuk pembangunan infrastruktur Gas J-TB bisa dimulai,” lanjut dia.

Direktur Utama Perum Perhutani,  Mustoha Iskandar juga menyampaikan bahwa  Perhutani siap dukung semua program Pemerintah, dalam percepatan pembangunan, salah satunya pogram ternak sapi yang dikombinasikan dengan tanaman kehutanan (silvopasture red.). “Dalam hal ini ada beberapa aturan yang harus dipenuhi agar tidak ada yang dirugikan, ” kata Dirut Perhutani Mustoha Iskandar. (Kom-Pht/Bjn/Mar)

Editor : AIS

Copyright ©2015