Air terjun Gentongan Bondowoso Berkilau Cahaya Emas

2015-10-10-BWO-AIR TERJUN GENTONGAN-FOTO 1BONDOWOSO, PERHUTANI (13/10) | Satu lagi pesona keindahan alam Bondowoso yang bisa kita nikmati yakni panorama air terjun Gentongan. Secara administratif, air terjun ini terletak di Dusun Watu Capil Desa Kalianyar Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso dan berada di kawasan Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Blawan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sukosari Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso.

Air terjun berketinggian sekitar 20 meter ini tergolong unik. Pasalnya, aliran air tersebut merupakan terusan dari Kali Pait dan rembesan danau Kawah Ijen. Keunikan lain dari air terjun ini yaitu bila kita berkunjung di siang hari, percikan air yang muncul dari antara bebatuan alam akan berkilau kuning seperti emas ketika terpapar sinar matahari. Meskipun terlihat indah dan sejuk, namun Anda harus menahan diri untuk mandi karena memang tidak seperti air terjun biasa, air terjun Gentongan mengandung belerang. Kandungan belerang menyebabkan air terjun terasa agak pahit. Berdasarkan informasi dari masyarakat setempat, air terjun ini mengandung khasiat khusus yaitu dapat dijadikan obat untuk penyakit kulit atau gatal-gatal. Caranya dengan mengoleskan air pada bagian tubuh yang sakit.

Dari pusat kota Bondowoso, Anda akan melewati jalan raya beraspal mulus menuju ke arah Kawah Ijen, sekitar 56 km. Selanjutnya melintasi jalan macadam sejauh 7 km. Lokasi ini sayang sekali untuk dilewatkan saat Anda menuju Kawah Ijen atau Kawah Wurung. Saat ini belum ada tiket masuknya, jika membawa kendaraan pun bisa dititipkan ke rumah warga sekitar lokasi. Ketika kesana jangan lupa bawa kamera dan siapkan diri untuk menikmati panorama aliran air keemasan yang muncul dari tebing bebatuan alami nan indah. (Humas/Pht/Bwo/Veni).

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015