Antisipasi Keamanan Hutan, Pramuka dan MDH Siap Berperan

WanabaktiSiagaKamhut@2015 copySURABAYA, PERHUTANI (31/10) | Mengantisipasi gangguan keamanan dan kebakaran hutan di Jawa Timur, Tak kurang 400 anggota Saka Wanabakti dan masyarakat desa hutan (MDH) yang tergabung dalam Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan para pihak terkait di Jawa Timur mengikuti Apel Siaga Pengamanan Hutan di Lapangan Rampal, Malang, Kamis.

Wakil Gubernur Jatim,  Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul yang juga Kakwarda Pramuka Provinsi jawa Timur menyambut gembira peran serta Pramuka bersama masyarakat dalam upaya antisipasi gangguan keamanan hutan.

Menurutnya,  kawasan hutan di Jatim sendiri luasnya 28 persen dari daratan. Sekitar 56 ribu hektar dari satu juta lebih hektar di Jatim, sudah rusak karena faktor alam dan kelalaian masyarakat.

“Untuk itu Pemprov Jatim membuat Satgas pengamanan hutan yang terdiri dari gabungan berbagai unsur dan masyarakat secara gotong royong untuk mengantisipasi pengrusakan hutan di Jatim. Ini merupakan terobosan baru. Lembaga ini memang masih baru, karena itu ke depan kami akan terus melaksanakan pelatihan-pelatihan untuk petugas”, imbuhnya usai apel pengamanan hutan.

Tema kegiatan adalah “Dengan Apel Siaga Pengamanan Hutan Mari Kita Kuatkan Soliditas Antar Penegak Hukum Untuk Menjaga Kawasan Hutan”. (Kom-PHT/Mojokerto/Eko Eswe)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015