Berbagi Kiat Ampuh Kembangkan Wisata Perhutani Bandung Utara

Dok.Kom-PHT/Bdu   @2015

Dok.Kom-PHT/Bdu @2015

BANDUNG UTARA, PERHUTANI (19/10) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara, mendapat kunjungan kurang lebih 60 orang pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se Jawa Barat-Banten ke wana wisata Air Terjun Pelangi Curug Cimahi dalam rangkaian Acara Rembug & Gelar Potensi LMDH Jabar Banten 2015.
Rombongan disuguhi indahnya jatuhan air terjun yang berganti-ganti warna merah, hijau dan biru. Namun selain menikmati eksotika air terjun juga melakukan kegiatan sharing bersama Administratur KPH Bandung Utara, Wismo Trikancono terkait kiat-kiat keberhasilan KPH Bandung Utara mengembangkan sektor wisata.
Mendapatkan kiat bagaimana menghadirkan suasana yang nyaman bagi pengunjung, serta berbagai inovasi lainnya, seperti memberi nama yang dapat mengangkat citra objek wisata. Seperti diketahui KPH Bandung Utara berhasil meraup pendapatan miliaran rupiah dari wana wisata seperti Puncak Bintang dan Air Terjun Pelangi.
Ketua LMDH Karang Mas asal Desa Cisitu, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang Banten, Supendi mengaku kepincut dengan pengembangan wisata yang dilakukan Perhutani Bandung Utara.
“Apa yang dilakukan KPH Bandung Utara bagus. Ada penataan tempat dan bagaimana di tempat wisata tidak ada sampah. Kami ingin menerapkannya di Curug Sawer,” kata Supendi.
Senada dengan Supendi, Ketua LMDH Warujimun dari Desa Citangtu, Kabupaten Kuningan, Ruspani mengatakan bahwa setelah melihat keberhasilan KPH Bandung Utara pihaknya lebih termotivasi untuk mengembangkan wisata para layang di wilayahnya.
“Wisata para layang di Citangtu sudah berjalan 2 tahun. Sekarang makin termotivasi bagaimana membuat nyaman pengunjung,” ujarnya. (Kom PHT/BDU/Reni)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015