Curug Cadas Potensi Wisata Perhutani Kuningan

KUNIcurug gantung-kngNGAN, PERHUTANI (06/10) | Perhutani Kuningan memiliki wisata hutan alam Curug Cadas Gantung yang indah di petak 121.b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Sumberjaya Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Luragung wilayah Desa Citundun Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan berbatasan dengan Desa Cilumping Kecamatan Dayeuh Luhur Kabupaten Cilacap propinsi Jawa Tengah.

Kawasan hutan alam seluas 1,5 Ha tersebut berada di kawasan hutan pinus perbukitan dengan tanaman rimba campuran pada ketinggian 1237 meter diatas permukaan laut. Berjarak kurang lebih 43 kilometer dari kota Kuningan, lokasi wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan kondisi jalan yang cukup bagus beraspal.

Ketinggian curug atau air terjunnya yang indah berkisar 25 meter dengan debit air yang stabil tidak bergantung pada musim, sehingga airnya sangat jernih dan segar karena bersumber dari mata air pegunungan.  Pada hari-hari libur rata-rata ratsan pengunjung dari Kuninga, Cirebon dan Ciamis berkunjung ke kawasan hutan ini.

Meskipun berada pada areal hutan produksi, Curug Cadas Gantung akan dikembangkan Perhutani Kuningan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Sinar Bayu Desa Citundun tanpa mengesampingkan fungsi hutan yang sesungguhnya. (Kom-PHT/Kng/Dan)

Editor: DKR

copyright©2015