Gagas Sertifikasi Praktisi Kehumasan

(Dok.Kom/Pht/Kanpus/2015)JAKARTA, Indopos (1/10) Direktur Pelaksana FH BUMN Riana Setyaningrum mengatakan, Forum Humas Badan Usaha Milik Negara (FH BUMN) Indonesia menggagas sertifikasi praktisi kehumasan di Indonesia. Proses sertifikasi akan melibatkan lembaga independen yang berkecimpung di bidang ilmu kehumasan, salah satunya London School of Public Relations. “jadi tidak hanya peningkatan kompetensi, tetapi juga menyertifikasi profesionalisme dari para praktisi kehumasan ini,”, ujarnya disela-sela pertemuan FH BUMN Indonesia di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (1/10).

Seperti diketahui, sertifikasi kompetensi profesi seperti yang dilakukan FH BUMN tersebut sangat penting guna menyambut pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada pengunjung tahun ini. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo III) sebagai pengelola berbagai terminal di Pelabuhan Tanjung Perak yang menjadi tuan rumah dari kegiatan ini juga mengajak peserta mengikuti port visit.

“Kami telah menyiapkan kapal pesiar mini, Artama untuk membawa peserta menikmati pagi di perairan Selat Madura, Jumat (2/10). Selain bisa melihat langsung kinerja bongkar muat logistik dari sisi laut, peserta juga memiliki kesempatan langka untuk berfoto di kapal dengan latar belakang megahnya Jembatan Suramadu,” kata Kahumas Pelindo III Edi Priyanto di Surabaya. Mereka juga menyeberang ke Pulau Madura untuk mengunjungi sentra kerajinan batik tulis yang termasuk UKM mitra binaan.

Pada pertemuan itu juga diselenggarakan seri seminar rutin FH BUMN yang bertajuk PR tanpa batas: trilogi pakar komunikasi. Riana menjelaskan, seminar tersebut menghadirkan tiga pembicara Agung Laksamana, ketua Perhumas, Syamsuddin Ch. Haesy founder akarpadinews.com, dan Subiakto Prisoedarsono pakar branding. Ketiganya berbagi pengalaman dan mengolaborasi berbagai isu terkait public relations di lingkungan korporasi,”Ini merupakan workshop rutin untuk terus meningkatkan kompetensi praktisi humas BUMN. humas juga harus mengimbangi kinerja cepat pemerintah karena berperan penting dalam mengkomunikasikan program dan capaian kerja BUMN sebagai lokomotif perekonomian negara”, jelasnya.

Kegiatan FH BUMN yang untuk kali pertama diselenggarakan di Surabaya tersebut juga menjadi ajang silaturahmi antara FH BUMN pusat dengan para humas dari FH BUMN dan Badan Usaha Milik Daerah Jawa Timur. (syarif)

Sumber : Indopos