Perhutani Banyuwangi Barat Mempunyai Bambu Arburetum Yang Luar Biasa

BANYUWANGI BARAT, PERHUTANI (15/10) | Perhutani Banyuwangi Barat Mempunyai Bambu Arburetum Yang Luar Biasa komplit terdiri dari 21 satu jenis bambu di bawah lereng Gunung Raung.
Keberadaan arburetum tanaman bambu, bahwa tanaman bambu itu sudah dilestarikan sejak lama, dari data yang tumbuh saat ini, pohon bambu dengan beragam jenis itu mencapai puluhan ribu dan bambu bambu ini ditanam dan dilestarikan sejak tahun 1997.
Menurut pakar bambu Ir. Agung yang melihat bambu arburetum di Perum Perhutani KPH Banyuwangi Barat sangat lah luar biasa belum ada di KPH lain yang punya, karena bambu di Banyuwangi Barat bermacam-macam jenis mulai dari bambu, wuluh, bambu rampal, bambu gading, bambu cina, bambu jawa, bambu pecut, bambu olet, bambu petung, bambututul, bambu serit, bambu batu, bambu gesing, bambu apus, bambu legi, bambu legi, bambu mangong, bambu ampel, bambu ori, bambu ireng, bambu besing dan bambu peting.
Dari data terkini setiap jenis bambu memiliki jumlah bervariasi dan setiap blok paling sedikit berjumlah 303 batang, seperti bambu petung yang tumbuh di 53 dapur. Sedangkan bambu petung yang mencapai 6.301 yang tumbuh 699 dapur.
Administratur Perhutani Banyuwangi Barat, Prihono Mardi menyatakan bahwa arburetum bambu ini akan terus dilestarikan, meskipun begitu arburetum itu banyak dijadikan riset oleh peneliti baik dari mahasiswa kehutanan Swedia, dari mahasiswa kehutanan di Indonesia maupun penelitian dari pakar bambu dan kami akan sambut baik setiap orang yang ingin tau tentang arburetum tersebut. (Kom-PHT/Bwb/ Agus BwB).
Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015