Perhutani Ciamis Salurkan Dana PKBL Rp 225 juta

Dok.Kom-PHT/Cms  @2015

Dok.Kom-PHT/Cms @2015

CIAMIS, PERHUTANI (23/10) – Perum perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis kembali menyalurkan dana Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) untuk tahun 2015 sebesar Rp 225 juta. Dana diserahkan kepada sekitar 21 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi mitra binaan Perum Perhutani KPH Ciamis pada hari Jum’at (23/10/15) di Aula Perhutani KPH Ciamis..

Administratur Perhutani Ciamis,  Bambang Juriyanto menyatakan bahwa ke-21 Mitra Binaan tersebut tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran yang bergerak di berbagai sektor, diantaranya sektor Perdagangan, Perikanan, Peternakan dan jasa lainnya,” ungkap.

Mitra binaan yang mendapatkan pinjaman lunak tersebut dipilih melalui survey dan proses seleksi ketat, dengan tetap memperhatikan dasar-dasar penilaian 4P dan 5C (Personality, Purpose, Prospect, Payment dan Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition).

“Sasaran penyaluran dana kemitraan tersebut dibagi berdasarkan wilayah yang meliputi 2 mitra binaan BKPH Ciamis, 11 mitra binaan BKPH Banjar Utara, 4 mitra binaan BKPH Banjar Selatan, 1 mitra binaan BKPH Pangandaran dan 3 mitra binaan BKPH Cijulang,” jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa penyaluran pinjaman lunak ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility dan wujud dari kepedulian terhadap masyarakat yang ingin menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan di era persaingan global saat ini.

Tercatat sejak tahun 1992 Perum perhutani KPH Ciamis telah menyalurkan bantuan kepada Mitra Binaan di wilayah Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten pangandaran dengan total dana lebih dari 2,5 Milyar rupiah.

Bambang juga berharap dengan penyaluran dana kemitraan KBL ini, Perum perhutani KPH Ciamis dapat membantu pengembangan usaha bagi para pengusaha kecil.(Kom-PHT/Cms/Aan)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015