Perhutani Dukung Kedaulatan Pangan Kabupaten Tasikmalaya

Dok.Kom-PHT/Bgr  @2015

Dok.Kom-PHT/Bgr @2015

PERHUTANI TASIKMALAYA  (17/10)   |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya dukung kedaulatan pangan di kabupaten Tasikmalaya. Hal ini disampaikan Administratur Perhutani Henry Gunawan ketika menerima kunjungan kerja Bupati Tasikmalaya ke kantor Perum Perhutani Tasikmalaya. Jumat (16/10)

Bupati Tasikmalaya, UU Ruzhanul Ulum dalam kunjungannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya bersama Perhutani memiliki komitmen yang kuat untuk mempertahankan lahan pertanian yang produktif agar mampu menghasilkan produk pertanian lokal secara regional dan nasional. Hal ini untuk mendorong peningkatan produksi pangan dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Untuk semakin memperkuat ketahanan pangan di Kab. Tasikmalaya terus mengembangkan desa-desa mandiri pangan, lumbung pangan masyarakat, lembaga distribusi pangan masyarakat, linbasrangan dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), jelas UU.

Administartur KPH Tasikmalaya,  Henry Gunawan menyampaikan bahwa pengadaan pangan sudah dilakukan Perum Perhutani bersama kelompok tani hutan yang bekerjasama dalam Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Petani menanam tanaman pangan dengan teknik tumpangsari di bawah tegakan, dalam pelaksanaanya dilakukan dengan pola kemitraan kerjasama.

Luas lokasi ketahanan pangan di wilayah Perum Perhutani KPH Tasikmalaya kata Henry seluas 207,35 Hektar berada di 6 RPH, 91 petak, 35 Desa, 14 Kecamatan dengan jumlah penggarap 1.622 orang, jenis tanaman Padi Gogo, Ciherang dan IR 64. (Kom-PHT/Tasik/Asep JB)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015