Perhutani Jatim Apel Siaga Pengamanan Hutan 2015

SURABAYA,Perhutani (29/10) | Divisi Regional (Divre) Jawa Timur (Jatim) bekerjasama dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menyelenggarakan apel besar pengamanan hutan 2015 di Lapangan Rampal TNI AD Yonif 512/QY Marabunta Malang. Kamis (29/10).

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk respon atas berbagai ancaman eksistensi potensi kawasan hutan baik, gangguan yang ditimbulkan dari unsur masyarakat maupun faktor alam. Bertindak sebagai inspektur apel siaga tersebut Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Saifullah Yusuf atau lebih dikenal dengan Gus Ipul. Ia pun mengatakan,”perlu ketegasan dari aparat penegak hukum, kalau perlu melakukan tindakan represif agar pelaku kejahatan menjadi jera,” demikian dikatakan Gul Ipul saat itu.

Gus Ipul juga menyatakan dalam rangka pengamanan hutan di Jatim itu Pemerintah Provinsi telah membentuk Satuan Tugas Pengamanan Hutan yang di Ketuai oleh Kepala Dinas Kehutanan Jatim.

Apel siaga Pengamanan Hutan diikuti ratusan personel pengamanan hutan yang terdiri Polisi Hutan Mobil (Polhutmob) Perum Perhutani, Satuan Polisi Hutan Reaksi Cepat (SPORC), sejumlah anggota LMDH serta anggota Pramuka Sakawanabhakti.

Sebagai tindaklanjut sinergitas pelaksanaan pengamana hutan bersama itu dilakukan penanda tanganan nota kesepakatan oleh para pihak. Antara lain oleh Kadivre Perum Perhutani Jatim, Kepala Balai Besar KSDA Jatim, Kepala Balai Besar Bromo Tengger Semeru, Kepala Balai Taman Nasional Baluran, Kepala Balai Taman Nasional Alas Purwo, Kepala Balai Taman Nasional Meru Betiri.

Penandatanganan nota kesepakatan itu disaksikan oleh Wagub Jatim Saifullah Yusuf, Dirut Perum Perhutani Mustoha Iskandar, Direktur PSDH Heru Siswanto, Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Istanto serta para undangan yang hadir.

Usai apel siaga dilanjutkan dengan peragaan bela diri oleh satuan pengaman hutan Polhutmob Divre Jatim dan anggota SPORC Balai Besar BKSDA Jatim yang mendemontrasikan cara menangkap pelaku tindak kejahatan illegal logging. (Kom-PHT/Divre Jatim/Patuh Afandi)

Editor : Dadang K Rizal

Copyright ©2015